About Me

Thursday 16 March 2017

Mengapa Botol Bir Berwarna Hijau dan Cokelat Saja?


Pernahkah Anda sadari mengapa sebagian besar bir yang dijual memiliki botol berwarna coklat ataupun hijau? Memang terdapat beberapa yang memiliki botol berwarna coklat tua dan bening, tetapi sebagian besar bir yang Anda temui memiliki botol hijau.

Sebenarnya bir merupakan minuman yang sudah sangat tua umurnya. Menurut beberapa catatan sejarah, bir sudah dikenal di peradaban Sumeria pada 5000 tahun sebelum masehi. Hanya saja tentu saat itu bir tidak menggunakan botol kaca seperti yang Anda kenal saat ini. Bir baru diletakkan di botol pada kisaran tahun 1850-an.

Botol kaca bening ternyata memiliki efek buruk bagi kualitas bir. Warna botol yang seperti kaca memudahkan cahaya matahari memaparkan langsung ke cairan bir. Jika hal itu terjadi dalam waktu lama, cahaya matahari dapat mengurangi kualitas bir. Pendapat ini dibuktikan oleh penelitian dari pakar kimia di University of North Carolina Amerika Serikat dan Ghent University Belgia. Sinar matahari disebut dapat menghancurkan asam alpha dalam hop sehingga mengakibatkan reaksi kimia yang menyebabkan bir menjadi bau.

Botol berwarna coklat dapat menghilangkan dan mengurangi efek ultraviolet dari matahari yang menyebabkan reaksi kimia ini. Sedangkan pada botol hijau dan bening, hal ini tidak dapat dilakukan secara efektif. Tetapi masih terdapat sedikit perusahaan bir yang menggunakan botol bening karena memperlihatkan bir secara lebih jelas dan botol hijau karena menjadi simbol dari bir.

Situasi berubah ketika perang dunia ke-2 usai, karena terjadi kondisi kekurangan botol berwarna coklat maka banyak perusahaan yang akhirnya menggunakan botol berwarna hijau untuk menggantinya. Setelah perekonomian dunia membaik, botol bir berwarna cokelat mulai mudah lagi ditemui namun produsen tetap memilih warna hijau. Mereka ingin menjaga tradisi lama dimana botol bir lebih mudah dikenali bila berwarna hijau dibanding cokelat. Bahkan ada yang nekat memakai warna putih. Mungkin karena teknologi mesin pendingin sudah lebih canggih jadi tidak perlu takut bir terpapar sinar matahari.

Sumber:
http://update.ahloo.com/2017/03/10/mengapa-botol-bir-berwarna-hijau-cokelat/
https://www.merdeka.com/gaya/menguak-alasan-mengapa-botol-bir-berwarna-hijau.html

0 komentar:

Post a Comment