About Me

Thursday 16 March 2017

Kendali Internet Dunia Hanya Dijaga 14 Orang

Internet di Seluruh Dunia Ternyata Cuma Dijagain 14 Juru Kunci Gan!

Mungkin banyak yang masih belum sadar jika ada organisasi di belakang layar yang mengendalikan internet dunia. Bukan CIA, FBI, atau NSA, tetapi organisasi bernama Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). Sedemekian besarnya peran internet, teryata dijaga oleh 14 orang saja

ICANN adalah organisasi nirlaba yang bertanggung jawab mengatur Domain Names System (DNS). DNS adalah DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet (dalam bentuk IP Address). Sebagai contoh, DNS menejermahkan google.com menjadi 172.217.26.78, menejermahkan facebook.com menjadi 157.240.7.35. Dalam dunia ponsel, DNS bisa dianalogikan sebagai address book yang menyimpan berbagai nama dan nomor teleponnya. Tanpa address book, Anda harus menghafal nomor telepon dan mengetiknya satu-persatu sebelum memanggil.

Tanpa DNS, yang ada hanya alamat IP. Alih-alih mengetik google.com di address bar, Anda harus mengetik angka 172.217.26.78 ke address bar dan tekan enter. Setiap webiste memiliki alamat IP yang berbeda dan Anda diharuskan menghafal semuanya. Repot, bukan?

Iseng, cara mengetahui IP Address dari sebuah alamat website (misalnya google.com):

  • Klik tombol Windows + R (pada keyboard)
  • Ketik cmd dan tekan enter
  • Ketik ping google.com
  • Akan keluar alamat IP-nya:
 Kunci Keamanan Internet Dunia Dipegang Organisasi ICANN

ICANN-lah yang bertugas mengatur dan memastikan tidak ada nama situs yang sama. Jadi, jika tiba-tiba ICANN bubar dan sistem DNS rusak, mungkin kamu lebih suka nonton TV daripada harus mengingat rentetan angka IP demi membuka setiap website.

Menurut Business Insider, level keamanan tertinggi DNS diamankan oleh beberapa orang yang disebut petugas enkripsi. Sejak tahun 2010, setiap 3 bulan petugas enkripsi ini akan berkumpul untuk melakukan ritual yang disebut upacara kunci.

Sekretaris Organisasi ICANN Lynn Lipinski Memberikan Tanda Kunci Keamanan Resmi Internet

Organisasi yang didirikan tahun 1998 mencoba cara untuk menghilangkan ketergantungan atau kendali pada satu orang saja. Mereka memilih 7 orang yang dipercaya untuk menjadi pemegang kunci.

Kunci dalam hal ini adalah kunci dalam bentuk fisik untuk masuk ke dalam internet. Namun tidak hanya 7 orang itu, ICANN juga memiliki 7 orang lainnya yang dipercaya memegang kunci cadangan.

Organisasi ICANN Didirikan Tahun 1998 dan Lepas Dari Departemen Perdagangan AS

Kunci fisik akan membuka kotak deposit, yang di dalamnya terdapat smart key card. Diperlukan lebih dari satu kunci untuk dapat mengakses perangkat yang membuat master key internet.

Master key internet adalah sebuah password yang dapat digunakan untuk mengakses database utama ICANN. Sistem ini yang sekarang digunakan untuk melindungi para pengguna internet dari ancaman kejahatan dunia maya.

Sumber: https://netz.id/news/2017/03/15/00416/1001140317/kendali-internet-dunia-hanya-dijaga-14-orang

0 komentar:

Post a Comment