About Me

Tuesday 19 January 2016

Inilah Si Penemu Sistem Password di Komputer

Foto: Fernando Corbato (zap.aeiou.pt)

Password atau sandi sudah menjadi salah satu kumpulan kode yang hampir setiap hari digunakan oleh para pengguna komputer maupun internet di dunia. Saat mengakses akun media sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain sebagainya, kita diwajibkan untuk memasukkan password.

Lalu, siapakah penemu password? Pada awal tahun 1960-an, Fernando Corbato mengubah dunia. Ia mengembangkan sistem password komputer pertama untuk sebuah proyek di Massachusetts Institute of Technology (MIT), di mana beliau mencoba untuk menciptakan akun terpisah di antara para peneliti yang ada di sana.

Dari situlah terciptanya sebuah password di komputer. Perubahan ini tak hanya memberikan pemahaman tentang bagaimana kita menggunakan teknologi, tetapi juga memaksa kita untuk memikirkan tentang privasi ketika menggunakannya. Tapi sekarang, di era Internet, mantan profesor MIT ini percaya bahwa password telah menjadi mimpi buruk yang nyata.

Dalam sebuah wawancara dengan The Wall Street Journal, Corbato mengatakan bahwa sistem password menjadi `mimpi buruk` untuk World Wide Web. Ia pun percaya bahwa password telah menciptakan masalah yang tak hanya untuk hacker, tetapi juga kepada pemilik password itu sendiri.

"Sulit membayangkan bahwa ada orang yang bisa mengingat semua password yang mereka miliki. Ini menimbulkan masalah besar," kata Corbato seperti dikutip dari blog The Wall Street Journal.

Maka dari itu Corbato menyarankan kepada para pengguna komputer dan internet untuk membuat daftar password atau menggunakan program pihak ketiga yang memungkinkan mereka menyimpan semua password miliknya dengan aman.

Meski password rentan terhadap tindak kejahatan cyber, sekumpulan sandi ini berguna untuk keamanaan dan privasi pengguna komputer maupun internet. Jika tidak ada password, semua data pribadi Anda bisa dilihat semua orang, termasuk hal yang sebenarnya tidak layak diperlihatkan kepada orang lain.

Sumber: http://tekno.liputan6.com/read/2060472/mengenal-si-pencipta-password-di-komputer

0 komentar:

Post a Comment