About Me

Friday 2 May 2014

Cara-cara Memasak Ini Justru Membuat Berat Badan Naik


Memasak makanan sendiri bisa membentuk pola makan sehat dan mendukung penurunan berat badan. Sayangnya banyak cara memasak yang ternyata salah dan malah justru menambah asupan kalori dan lemak.

Perhatikan bahan pembuat dan saran penyajian produk agar berat badan terjaga. Untuk hidangan yang lebih sehat, perhatikan beberapa langkah ini.

1. Takaran minyak


Bukan rahasia umum minyak bisa menambah banyak kalori dalam makanan (rata- rata 120 kalori per satu sendok makan). Jika Anda ingin menumis, masukkan satu sendok makan minyak di atas wajan dan ratakan. Takaran tersebut cukup untuk menumis hidangan. Jika menggunakan wajan anti lengket, minyak yang dipakai bisa lebih sedikit.

2. Perhatikan Takaran Bahan


Mengatur asupan kalori cukup penting dalam diet, sehingga lebih baik perhatikan takaran bahan dengan tepat. Seperti satu sendok teh garam untuk 163 gram pasta. Mengonsumsi terlalu banyak bahan makanan seperti pasta, minyak, dan daging bis menambah asupan kalori. Sebelum masak, ukur bahan sesuai jumlah kalori yang diinginkan.

3. Perhatikan Saran Penyajian


Banyak resep mempunyai keterangan nutrisi seperti kandungan kalori dan lemak. Tapi, perhatikan pula saran penyajiannya, beberapa resep membagi total kalori unuk memberikan informasi kalori per penyajian. Cukup patuhi porsi penyajian yang disarankan sehingga Anda bisa memperkirakan porsi yang dikonsumsi.

4. Terlalu Banyak Mencicipi Hasil Masakan


Saat meracik makanan sangat mudah tergoda untuk mencicipi sup atau salad yang tengah diracik. Niat ingin mencicipi rasa dan menyeimbangkan bumbu di dalamnya malah memicu kenaikan berat badan karena makan lebih banyak dari porsi yang disarankan. Sebaiknya konsumsi camilan ringan sebelum memasak sehingga asupan kalori tidak berlebih.

5. Modifikasi Resep


Walau terkadang tidak ingin bereksperimen dengan resep, terlalu menuruti resep bisa juga menambah kalori yang tidak diperlukan. Jika dalam resep diminta memasukkan heavy cream, coba ganti dengan light cream atau 3 sendok makan minyak dengan 1 sendok makan minyak. Coba lihat hasil resep dan catat perubahan yang bisa dilakukan untuk lain waktu.

6. Terlalu Banyak Memasak Makanan


Saat Anda hanya makan berdua atau sendiri, coba pilih resep yang cocok. Sehingga Anda tidak akan tergoda untuk makan berlebih atau malah membuang makanan sia- sia. Jika makanan yang Anda masak ternyata terlalu banyak, masukkan dalam kulkas dan panaskan keesokan harinya.

Sumber: http://food.detik.com/

0 komentar:

Post a Comment