About Me

Tuesday 9 April 2013

Wah, Ditemukan Ikan Masih Hidup di Puing Kapal Tsunami Jepang


Sisa-sisa tsunami yang menghantam Jepang pada 2011 lalu banyak yang mencengangkan. Kali ini terjadi pada seekor ikan kecil yang ditemukan dalam keadaan hidup dan sehat di dalam kapal puing tsunami.

Kapal sepanjang 5,4 meter itu terdampar di Long Beach pada 22 Maret lalu dengan membawa 5 ikan jenis knifejaw. Ikan dengan garis-garis hitam itu adalah satwa air asli Jepang, China dan Korea. Alhasil ikan tersebut hidup selama dua tahun lalu dalam kondisi minim.

Ikan jenis tropis dengan panjang 4,5 inci tersebut telah menempuh perjalanan 1.524 km. Ia hidup di dalam air 20-30 galon di buritan perahu Saisho-Maru. Kapal itu sendiri dalam keadaan sebagian besar terendam saat terapung-apung di laut.

Pejabat Departemen Ikan dan Satwa Liar Washington mengatakan ini pertama kalinya hewan bertulang belakang ditemukan di darat dalam puing-puing tsunami. Diduga ikan tersebut bertahan hidup dengan makan organisme lainnya. Kini ikan-ikan itu telah diserahkan ke Seaside Aquarium di Seaside.

"Ini hal yang sangat jarang terjadi," ucap Allen Pleus, seorang peneliti. "Jelas, ikan ini sangat kuat dan kita mempelajari ini pada semua spesies."

Sebenarnya puing-puing tsunami memang menarik penghuni laut namun tidak ada yang bertahan menempatinya selama perjalanan 1.524 km. Kerang, kepiting, cacing dan teripang yang ditemukan berada di kapal tersebut juga akan diteliti lebih lanjut.

Sumber: http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00033632.html

0 komentar:

Post a Comment