About Me

Tuesday 9 April 2013

Kenali Jenis dan Fakta Tentang Tidur Siang


Tidur Siang merupakan hal yang sangat wajar dilakukan oleh seseorang dikala orang itu membutuhkan istirahat karena terlalu banyak melakukan aktivitas. Terlalu banyak beraktivitas di akhir pekan dan akhirnya sangat lelah pada hari senin saat masuk kerja dan sering kali tanpa disadari telah tertidur beberapa menit di meja kantor.

Namun tahukah kamu tidur 5 menit dengan tidur 20 menit itu berbeda pengaruhnya terhadap tubuh. Disadur dari mashable.com, inilah beberapa fakta dan jenis tentang tidur.

Di bawah ini terdapat sebuah gambar oleh Daily Infographic, yang membagi tidur manusia ke dalam beberapa fase tertidur dalam jangka waktu yang berbeda-beda.

nappinginfographic

Di atas terdapat beberapa tipe tidur serta pengaruhnya terhadap tubuh kamu.

The Nano Nap (10 sampai 20 detik)

Memang belum ada penelitian lebih lanjut mengenai keuntungan dari tidur yang sangat singkat ini. Biasanya tidur seperti ini terjadi saat di transportasi umum.

The Micro Nap (2 sampai 5 menit)

Sangat efektif untuk mengurangi ngantuk jika sangat ngantuk karena capekThe Mini Nap (5 sampai 20 menit) Meningkatkan kewaspadaan, stamina, dan motorik kemampuan belajar.

Original Power Nap (20 menit)

Sama seperti keuntungan tidur diatas (Mini nap) akan tetapi tidur selama 20 menit penuh dapat memperkuat ingatan serta membersihkan ingatan otak dari informasi yang tidak berguna yang mana dapat membantu mempertahankan memori jangka panjang.

The Lazy Man’s Nap (50 sampai 90 menit)

Termasuk keadaan terlelap yang akan masuk pada masa REM (rapid eyes movement) atau bisa dikatakan tidur nyenyak. Dapat membantu mengolah informasi presepsi dan juga membantu memperbaiki tulang dan otot.

Berikut beberapa fakta tentang tidur:
  • Tidur selama 60 menit dapat meningkatkan kesadaran selama 10 jam.
  • Riset yang dilakukan pada pilot pesawat luar angkasa yang mana tidur selama sekitar 26 menit dan pesawat dialihkuasakan pada co pilot. Setelah tidur pilot dapat meningkatkan kewaspadaan dan kesadarannya sebesar 54 persen.
  • Tidur siang di Amerika dijadikan sebagai Hari Nasional pada tanggal 14 maret.
  • Atlet Basket, bola, dan Football di Amerika disinyalir tukang tidur.
  • Studi terakhir menyebutkan bahwa tidur pada kasur yang berayun dapat membuatmu tidur lebih cepat.
  • Beberapa perusahaan di dunia seperti Google menghimbau para karyawannya untuk tidur siang agar dapat mempertahankan performa kerjanya.
Sumber: http://www.goodpaste.net/kenali-jenis-dan-fakta-tentang-tidur-siang/

0 komentar:

Post a Comment