About Me

Sunday 28 October 2012

13 Teknologi yang Akan Ditinggalkan Manusia


Teknologi berkembang kian pesat di abad 21 ini. Barang-barang yang dulu dianggap canggih pun saat ini sudah terbilang ketinggan jaman. Penemuan komponen elektronik menjadi sebuah penemuan yang membuat teknologi berkembang pesat. Apalagi dengan hadirnya komputer yang semakin memudahkan manusia untuk mengembangkan kreatifitasnya. Dengan begitu cepatnya teknologi berkembang bukan tidak mungkin, perangkat yang kita gunakan saat ini akan dibilang jadul 5 tahun ke depan. Atau, bahkan peralatan ini sudah tak lagi digunakan.

Beberapa pengamat teknologi meramalkan beberapa teknologi akan ditinggalkan oleh manusia, karena tidak efisien lagi. Pengamat teknologi dari Amerika Avram Piltch seperti dikutip laptopmag merilis sebuah perkiraan tentang 13 teknoogi yang akan ditinggalkan oleh manusia di masa depan.

Ke-13 teknologi tersebut adalah:

Kabel internet rumah

Layanan internet terus saja berkembang, dulu untuk menyalurkan internet memerlukan kabel, tapi saat ini seiring dengan ditemukan layanan broadband penggunaan kabel internet menjadi tereliminasi.

Kamera foto dan video

Penanaman fitur kamera pada handphone atau smartphone membuat kamera foto konvensional tidak terlalu dibutuhkan lagi, apalagi fitur kamera di smartphone juga semakin canggih dengan kekuatan MP yang mendekati kamera konvensional.

Jaringan telpon kabel

Jaringan telpon kabel akan tergeser oleh telpon nirkabel yang semakin meningkat, orang tak perlu lagi memiliki telepon kabel karena layanan telepon seluler juga semakin kuat.

Sistem Operasi Windows

Os windows yang saat ini menjadi OS yang paling banyak digunakan di masa depan akan terakuisisi oleh OpenSource karena kemudahan dan lebih aplikatif.

Komputer dengan waktu booting lama

Teknologi komputer merupakan perangkat yang paling cepat berkembang, nantinya komputer dengan waktu booting lama akan tergeser dengan komputer baru yang berakses cepat.

Hard Drive

Hard disk saat ini kebanyakan menggunakan tipe magnetik pada masa depan akan tergantikan oleh hard drive yang berbasis solid (solid-state storage).

Bioskop dan kacamata 3

 Saat ini banyak produsen Tv yang mengembangkan teknologi 3D pada suara dan juga tampilan gambar HD (High Definition) memungkinkan setiap orang menikmati layanan film berkualitas bioskop di rumah mereka.

Mouse komputer

Saat ini penggunaan mouse kian terpinggirkan seiring dengan trend layar sentuh yang memudahkan pengguanya.

Remote Control

Pengendali jarak jauh remot control akan tergantikan dengan teknologi kendali suara dan gerakan tangan yang saat ini mulai berkembang pesat.

Nomor telepon

Dengan maraknya fasilitas chat seperti skype, gtalk ataupun facebook audio yang memungkinkan penggunanya berkomunikasi secara audio visual bukan tidak mungkin nomor telepon akan segera dilupakan.

Mesin faksimili

Saat ini penggunaan mesin faksimili sudah mulai tergantikan dengan layanan email yang jauh lebih praktis.

Cakram optik (opticali disk)

Yang saat ini akan digantikan layanan komputasi awan atau cloud.

Desktop (komputer meja)

Perkembangan komputer pintar portabel yang memiliki memampuan yang tak kalah dengan desktop membuat orang akan cenderung memilih komputer tablet ataupun smartphone.

Sumber: http://www.salingsharing.com/2012/05/13-teknologi-yang-akan-ditinggalkan.html


0 komentar:

Post a Comment