About Me

Sunday 30 September 2012

Makanan Juga Perlu Berjodoh Agar Nutrisinya Optimal


Makanan memang terasa lebih lezat jika diolah bersama bahan atau bumbu lain. Selain dari segi rasa, nutrisinyapun jadi lebih kaya. Dengan food synergy ini makanan jadi makin baik manfaatnya bagi tubuh jika dikonsumsi bersama.

Beberapa makanan sehat akan lebih baik nutrisinya jika dipadukan bersama dengan jenis makanan lain. Seperti brokoli dan tomat, apel dan anggur, atau ikan dan bawang putih. Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari Huffingtonpost:

1. Rosemary dan BBQ Daging

img

Daging merah yang dibakar disebut-sebut bisa meningkatkan risiko kanker, karena karsinogen dari arang yang dihasilkan. Sebuah penelitian di tahun 2008 menyatakan jika rosemary bisa membantu menurunkan risiko tersebut. Rosemary mengandung antioksidan alami yang bisa menghambat pembentukan zat karsinogen pada daging. Tambahkan sedikit rosemary segar ataupun rosemary kering pada daging BBQ.

2. Brokoli dan Tomat

img

Brokoli dan tomat sama-sama mengandung lycopene yang menghambal sel kanker. Brokoli dan tomat memang termasuk dalam kategori superfood yang memiliki beragam nutrisi hebat. Lycopene baik untuk kesehatan kulit, mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu juga menghambat pertumbuhan sel kanker prostat, paru, dan payudara, bahkan mencegah osteoporosis.

3. Apel dan Anggur

img

Dua buah ini rasanya asam segar. Biasanya dipadukan dalam salad buah, ataupun dimakan sebagai buah segar. Apel mengandung antioksidan flavonoid yang punya banyak manfaat. Di antaranya menjaga kesehatan mulut, mencegah kanker, dan mempertajam daya ingat. Mengonsumsi apel dan anggur bersamaan bisa membuat jantung sehat, karena kandungan catechin di dalamnya.

4. Ikan dan Bawang Putih

img

Bawang putih sudah lama dikenal sebagai penghalau sel kanker dan peningkat daya tahan tubuh. Nutrisi yang dikandung ikan juga baik bagi kesehatan jantung. Makan ikan laut yang diolah bersama bawang putih bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Bawang putih juga menjadi rempah yang membuat ikan semakin lezat rasanya.

Sumber: food.detik.com

0 komentar:

Post a Comment