About Me

Monday 13 August 2012

IQ Wanita Lebih Tinggi dari Pria


Selama ini kecerdasan seseorang cenderung diukur di usia dini, padahal kecerdasan seseorang baik pria ataupun wanita masih dapat berkembang, dan banyak hal yang dapat mempengaruhinya. Dalam jurnal Nature, para ilmuwan dari University College London, Inggris, menyebutkan bahwa IQ seseorang, terutama pada remaja, dapat berubah.

Dalam penelitian itu para ilmuwan menguji kecerdasan remaja, 19 remaja laki-laki dan 14 remaja perempuan usia 14 tahun, kemudian dites lagi di usia 18 tahun. Tes yang dilakukan pada remaja itu merupakan kombinasi pemindaian otak dan tes IQ verbal dan non-verbal. Hasilnya, ditemukan perubahan IQ dalam tes verbal pada 39 persen remaja dan nilai IQ spasial reasoning (tes kemampuan) pada 21 persen responden.

Peningkatan nilai IQ dalam bidang verbal berhubungan dengan perkembangan kepadatan bagian otak sebelah kiri, yakni area yang aktif ketika seseorang berbicara. Sementara itu, peningkatan nilai IQ non-verbal berkaitan dengan peningkatan kepadatan di anterior cerebellum, yakni area yang berhubungan dengan gerakan tangan.

Namun diantara pria dan wanita siapakah yang lebih pintar dan ber IQ tinggi? Beberapa tes IQ “intelligence quotient” pun di kembangkan dan dilakukan untuk mengukur IQ seseorang, termasuk untuk mengetahui siapakah yang lebih pintar diantara pria atau wanita. Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh James Flynn, menemukan menemukan bahwa perempuan lebih unggul ketimbang pria dalam bidang multi-tasking.

Fenomena ini mungkin terjadi karena kehidupan wanita masa kini menuntut kecerdasan lebih. Harus mampu multitasking di antara rumah tangga dan karier. "Dampak modernitas pada wanita baru saja muncul, meski masih perlu data-data tambahan untuk menjelaskan fenomena ini."

Flynn menyusun hasil pemeriksaan IQ dari negara-negara di Eropa Barat, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, Argentina, dan Estonia. Data-data tersebut menunjukkan bahwa kesenjangan antara nilai IQ pria dan wanita telah menjadi minimal.

Di Australia, tingkat IQ pria dan wanita hampir identik. Di Selandia Baru, Estonia, dan Argentina, tingkat IQ wanita sedikit lebih tinggi dibanding pria. Untuk pertama kalinya dalam pengujian satu abad, bahwa angka IQ wanita terbukti lebih tinggi daripada pria. Hingga saat ini, angka IQ yang diperoleh wanita tertinggal lima persen di belakang pria sehingga membuat beberapa peneliti menyimpulkan bahwa pria lebih pintar daripada wanita. Selama beberapa dekade, angka IQ pria dan wanita semakin meningkat, namun angka IQ wanita meningkat secara drastis.



Kemungkinan lainnya adalah bahwa wanita memiliki potensi yang lebih besar untuk kecerdasan yang muncul ketika mereka diberikan kesempatan lebih banyak untuk bersaing di dunia di luar rumah. Di AS, penelitian ini terbukti sejalan dengan statistik yang menunjukkan bahwa kini lulusan gelar sarjana S1, 50% lebih adalah wanita dan mereka juga memegang gelar yang lebih tinggi daripada pria.

Namun dari 100 orang ber IQ tertinggi di dunia hanya beberapa persenya saja wanita, mungkin hal tersebut di karenakan banyak wanita belum mengetahui potensi kecerdasan mereka dapat mengalahkan para pria dan lebih berfokus pada urusan rumah tangga saja. Lalu bagaimana dengan anda, siapa yang menurut anda lebih pintar, Wanita atau Pria?

Sumber: http://www.portalbaca.com/2012/07/iq-wanita-lebih-tinggi-dari-pria.html

0 komentar:

Post a Comment