About Me

Wednesday 7 March 2012

Fakta Mengenai Sarapan


Mungkin tak banyak orang menyadari, bahwa sebenarnya sarapan adalah salah satu rahasia untuk menjaga kesehatan. Tak peduli seberapa sibuknya Anda, penting untuk mengisi bahan bakar untuk tubuh Anda sehingga energi Anda terpenuhi sepanjang hari. Sarapan memberi modal energi pada Anda untuk berktivitas sepanjang hari. Sebenarnya, selain memberi energi pada tubuh, sarapan juga memiliki manfaat lain yang tak kalah pentingnya. Berikut beberapa manfaat dari sarapan.

Seringkali orang-orang yang sibuk dalam pekerjaan kantornya lupa untuk sarapan, nah sekarang kenapa orang-orang tersebut bisa lupa untuk sarapan, padahal sarapan itu dapat membuat tubuh kita fit, orang yang melewatkan sarapan akan memiliki metabolisme tubuh yang tidak baik. Jika ini terus menerus terjadi akan mengganggu hormon-hormon di dalam tubuh yang mengatur keseimbangan badan seperti hormon pertumbuhan, hormon insulin dan hormon serotonin.

Sekarang apa sih Manfaat Sarapan Dan Akibat Tidak Sarapan. Ok langsung saja kita lihat yuk...

Apa jadinya kalau tidak sarapan?

1. Saat perut kosong karena tak sarapan tubuh tidak akan menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk efisiensi di pagi hari. Sehingga pada saat jam 10-11 siang akan timbul kelelahan dan kelaparan yang mengganggu kerja.

2. Biasanya jika tidak sarapan, menu makan siang akan berkali lipat. Itu yang mengakibatkan obesitas.

3. Seseorang yang melewatkan sarapan memiliki kesulitan dalam berkonsentrasi, khususnya di jam-jam sebelum makan siang.

4. Seseorang yang tidak sarapan, membuat asupan energi yang dibutuhkan oleh tubuh diambil dari glukosa darah. Ini menyebabkan kadarnya akan menjadi berkurang, yang mengakibatkan kesehatan dan keseimbangan tubuh terganggu.

5. Akibat nyata dari tidak sarapan adalah badan menjadi lemas, kepala pusing, mengantuk, letih dan lesu, serta berpengaruh pada daya konsentrasi dalam berpikir dan bekerja.

6. Menimbulkan rasa lapar berlebihan menjelang siang membuat sehingga membuat anda mengonsumsi makanan berlemak tinggi lebih banyak. Hal ini bisa menyebabkan lemak menumpuk di sekitar perut, dan meningkatkan kadar kolesterol, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

7. Apabila seorang anak sering tidak sarapan, maka otak besarnya yang sedang berkembang mungkin akan mengalami penyusutan (atrofi), sehingga mempengaruhi pertumbuhan intelegensia. Berikut sumbernya.

Pada saat bangun pagi, tubuh masih menyimpan cadangan kecil gula darah (glukosa darah) dan apabila ada asupan yang masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan bereaksi untuk memecah asupan yang ada tersebut menjadi zat gizi (gula darah) untuk memenuhi kecukupan kalori pada aktifitas pagi hari sampai menjelang makan siang.

Dengan adanya reaksi tubuh untuk mencerna makanan melalui sarapan, maka tubuh akan tetap bermetabolisme dengan teratur.

Saat Anda tidak sarapan sehingga tidak ada asupan, tubuh akan mengambil cadangan gula pada hati sehingga menyebabkan hypoglycemia (produksi insulin yang berlebihan pada saat gula darah pada level yang rendah). Jika kondisi ini berlangsung terus-menerus dapat menjadi cikal bakal penyakit diabetes.
Dengan sarapan pagi, gula darah dan kandungan insulin dapat terkontrol sehingga menyebabkan hormon tubuh terkontrol dengan baik.

Seperti dikutip DailyMail, studi ini menunjukkan, mereka yang berisiko mengalami masalah kesehatan akibat mengabaikan sarapan adalah orang dewasa yang secara teratur beraktivitas tanpa sarapan sejak usia mereka masih anak-anak, dan kebiasaan berlanjut hingga mereka dewasa.

Hasilnya, saat mereka berada di akhir usia dua puluhan, sudah bisa terdeteksi bahwa mereka memiliki gejala mengembangkan penyakit jantung. Penelitian yang dilakukan di University of Tasmania ini merupakan studi lanjutan dan sebagai pelacak bahaya kesehatan jangka panjang.

Dari 2184 responden yang dilacak tanpa mengonsumsi sarapan selama 20 tahun, kebanyakan dari responden mengaku lebih banyak mengonsumsi makanan berlemak tinggi dan kadar gula tinggi sebelum makan siang.

Mungkin Anda pernah mendengar metode diet ini, "KALAU MAU CEPAT LANGSING GAK USAH SARAPAN AJA". Tapi apa yang terjadi jika kita tidak sarapan? Kita akan merasa LAPAR, LEMAS, NGANTUK, BAD MOOD, GAMPANG MARAH, GEMETARAN, dll. Hal ini terjadi karenasecara alamiah tubuh kita meminta asupan NUTRISI untuk energi & konsentrasi. Tipe ini lebih bahaya daripada SARAPAN Karbohidrat yang berlebihan. 

Lalu apa manfaatnya sarapan?

Berikut adalah manfaat yang didapatkan dari sarapan:

Memberi Kekuatan Metabolisme Setelah Sepanjang Malam
Sarapan dipertimbangkan sebagai waktu makan yang penting karena mengganti waktu malam yang tak terisi makanan serta menambah kebutuhan gula Anda. Gula adalah sumber energi yang diserap dari karbohidrat yang Anda makan. Di pagi hari, setelah Anda tak mengkonsumsi makanan selama 12 jam, zat gula dalam tubuh Anda turun ketingkat yang paling rendah. Saat ini terjadi, tubuh Anda menggantinya dengan melepas zat gula yang telah ditimbun di lapisan otot dan liver, yang disebut glycogen.

Berguna Untuk Penurunan Berat Badan
Selama tidur 12 jam tubuh Anda puasa sepanjang malam, dan di pagi hari Anda berada dalam tahap pertama merasa lapar. Melewatkan sarapan membuat tubuh Anda tetap 'dalam kelaparan,' sedang mengkonsumsi makanan yang bagus akan memberi peningkatan metabolisme. Jika Anda dalam upaya mengurangi berat badan, hal terakhir yang Anda ingin lakukan Andalah tingkat metabolisme rendah. Sarapan makanan sehat akan meningkatkan kemampuan pembakaran lemak dalam tubuh Anda. Lebih jauh, sarapan dapat meningkatkan tingkat energi Anda sebagaimana metabolisme sepanjang hari.

Menambah Esensial Nutrisi Dan Tingkat Keseluruhan Energi
Sarapan menyediakan proporsi significan asupan total nutrisi untuk sepanjang hari, dan menawarkan kesempatan untuk mengkonsumsi makanan yang penuh nutrisi seperti zat besi, vitamin dan serat. Esensial vitamin, mineral dan nutrisi lainnya hanya dapat diperoleh dari makanan.

Memberi Otak Anda Bahan Bakar Untuk Meningkatkan Konsentrasi
Sarapan memperbaiki kemampuan Anda berpikir dan menjaga Anda tetap berada dalam penampilan mental terbaik. Sarapan menyediakan bahan bakar bagi otak Anda untuk meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah dan ingatan.

Menghindari Makan Tak Terkontrol
Sarapan dengan baik akan menjaga Anda dari rasa lapar berlebih, dimana ini dapat mencegah Anda makan berlebihan di siang harinya. Makanan yang dikonsumsi saat sarapan mampu menahan lemak dan kalori tinggi dari makanan sepanjang hari. Saat Anda meninggalkan sarapan, Anda akan cenderung mengalihkan rasa lapar dengan ngemil sepajang pagi hingga menjelang makan siang. Dan hal ini akan mendorong Anda mencari pelarian lain pada kopi, atau minuman yang mampu meningkatkan energi.

Apakah anda sering lelah, cepat ngantuk, loyo dan bermasalah berat badan?

Semua itu berawal dari SALAH dalam memilih sarapan. Sebagian besar orang makan berdasarkan keinginan mata mereka. Atau dengan kata lain, mata mereka menentukan apakah mereka perlu makan dan makanan apa yang seharusnya dimakan.

Padahal kenyataannya, mata sama sekali tidak ada hubungannya dengan makanan. Tapi Pankreas lah yang mengatur semuanya!

Pankreas adalah organ di badan kita yang memproduksi Gastric Juice dan Insulin.

Apakah Anda Tahu?

Badan kita terdiri dari 100 trilyun sel dan membutuhkan 114 macam nutrisi yang berbeda-beda. Dan itu harus kita penuhi!

Badan kita bangun di pagi hari dan menuntut 114 macam nutrisi dan makanan apa yang kita berikan kepada tubuh kita di pagi hari? Coba simak yang di bawah ini:

Bahaya Sarapan Karbohidrat


Gambaran menu di atas merupakan gambaran menu yang berbasis karbohidrat (nasi, bubur, roti, mie, lontong sayur, ketoprak, dll) yang bisa saja menyebabkan kenaikan GULA DARAH secara mendadak & secara otomatis pula tubuh kita akan mengeluarkan INSULIN secara  mendadak pula. Apa yang terjadi setelah itu?
Hasilnya adalah penurunan tingkat kadar gula darah sampai di bawah batas normal sehingga mengakibatkan kita LAPAR lagi. Untuk mengkompensasi rasa lapar ini ini, muncullah keinginan untuk makan lebih banyak karbohidrat lagi.


Bahayanya lagi, SIKLUS (gambar di atas) ini berulang terus minimal 2-4x sehari. Siklus naik turunnya kadar gula dalam darah ini memperberat kerja PANKREAS dan di sisi lain dapat pula memperlemahnya. Hal ini menjadi salah satu alasan utama, karena merupakan faktor penyebab timbulnya penyakit DIABETES, HIPERTENSI & KENAIKAN BERAT BADAN.

Lalu, SARAPAN apa yang paling IDEAL bagi tubuh kita?

SARAPAN yang paling IDEAL bagi tubuh kita adalah SARAPAN yang berbasis NUTRISI dan PROTEIN. Protein akan membuat Anda kenyang lebih lama. Berbeda dengan protein, karbohidrat yang selalu Anda konsumsi, akan membuat Anda lebih cepat lapar. Sarapan pagi dengan NUTRISI dan PROTEIN akan mensuplai badan kita dengan NUTRISI penting dan ENERGI tanpa meningkatkan Kadar Gula Darah dan tingkat Insulin yang berlebihan. Sarapan pagi seperti ini akan menghindarkan kita dari ketergantungan akan karbohidrat sepanjang hari. Nafsu makan dapat terkontrol dengan baik, keinginan makan makanan yang mengandung karbohidrat (cemilan, cokelat, kue, junk food, soft drink, nasi, mie, dll) akan berkurang dan sebagai hasilnya tubuh akan menggunakan kelebihan LEMAK yang tersimpan di tubuh untuk mendapatkan energi atau sebagai sumber energi.



Beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam ritual sarapan pagi adalah:

a. Secara Kuantitas
Jumlah sarapan yang cukup dan seimbang zat gizinya dapat memenuhi kebutuhan tubuh selama 4 – 6 jam sebelum makan siang tiba. Jika tidak tubuh akan memperoleh energi dengan memecah/menguras cadangan gula yang tersimpan dalam hati hingga akhirnya kita akan merasa lelah/capek serta lemas karena tidak ada makanan yang masuk untuk membakar cadangan gula tersebut. Jadi sarapan dengan jumlah nutrisi yang tepat bukan makan dengan porsi yang banyak asal kenyang tetapi kandungan nutrisi di dalamnya kurang memenuhi kebutuhan tubuh/Kesehatan Tubuh.

b. Secara Kualitas
dalam setiap aktivitas makan kita harus memenuhi syarat makanan dan juga harus seimbang. Hal ini karena tiap jenis zat gizi tersebut mempunyai waktu metabolisme yang berbeda-beda. Pemecahan/pembakaran karbohidrat akan berlangsung terlebih dahulu sampai 4 jam pertama, kemudian baru protein dan terakhir adalah lemak. Sedang vitamin dan mineral akan membantu proses metabolisme tersebut. Jadi sarapan harus merupakan kombinasi yang baik diantara zat gizi yang ada di dalam makanan.

Akhir kata, apapun yang Anda pilih untuk menu sarapan, beri tubuh dan otak Anda energi yang dibutuhkan untuk dibawa sepanjang hari. Berlakulah baik pada diri Anda sendiri, dan biasakan sarapan. Kebiasaan ini akan membuat Anda merasa lebih baik sepanjang hari.. 

Sumber:
http://indonesiaindonesia.com/f/6904-manfaat-sarapan-kesehatan-tubuh/
http://www.webku.net/
http://www.garudaterkini.web.id/2011/10/manfaat-sarapan-dan-akibat-tidak.html
http://kosmo.vivanews.com/news/read/185224-bahaya-tidak-sarapan
http://ikhwan554.blogspot.com/2009/12/pengaruh-kebiasaan-tidak-sarapan-pagi.html
http://dc416.4shared.com/doc/2TbRSL2q/preview.html


Perluasan kata kunci: Sarapan, manfaat, tujuan, pantangan, anjuran, tidak sempat sarapan

Link: http://herman-salim.blogspot.com/2012/03/fakta-mengenai-sarapan.html


Baca juga: Beberapa Pantangan Tentang Sarapan

0 komentar:

Post a Comment