About Me

Friday 3 March 2017

Sensor Anti Tidur Pada Bus di Jepang


Para peneliti di Jepang kini mengembangkan alat keselamatan baru pada Bus, untuk mengurangi kecelakaan akibat supir tertidur atau tidak fokus saat menyetir. Alat ini nantinya akan disambungkan dengan Pusat Komunikasi sehingga kendaraan lebih mudah dipantau.

Teknologi ini dikembangkan oleh Universitas Elktro Komunikasi Osaka dan Universitas Sangyo Kyoto. Alat ini juga sudah diuji pada 30 Bus dengan rute tetap di Osaka. Bus tersebut dioperasikan oleh Perusahaan Bus Kobe Minato Kanko.

Untuk memonitor aktivitas supir di bus, sebuah alat biosensor ditempatkan pada kursi supir dan bagian belakang mobil. Biosensor yang menggunakan gelombang mikro ini dapat memantau pola pernafasan supir dan detak jantung tanpa harus bersentuhan dengan tubuh supir. “Kami berharap dapat mengakumilasi data sehingga dapat mempersiapkan sistem yang lebih besar,” ujar Tsuneo Jozen, professor jurusan teknik informasi di Universitas Elektro Komunikasi Osaka.

Alat ini menawarkan rasa yang lebih nyaman pada supir, karena tidak perlu ada kontak fisik secara langsung. Saat pernafasan rata-rata dan detak jantung sopir menjadi lebih pendek, sistem ini akan membaca sebagai resiko tidur. Jika demikian, maka lampu belakang akan menyala demikian juga lampu di kursi sopir, sebagai peringatan supir untuk konsentrasi.

Sistem ini terintegrasi dengan jaringan kendaraan dan pusat komunikasi lalu lintas kota. Secara otomatis, ketika supir dalam keadaan yang beresiko, maka data ini akan diteruskan pada sistem pengereman bus dan pusat komunikasi lalu lintas kota. Lokasi bus, plat nomor kendaraan dan rekaman jejak supir akan segera terbaca di monitor pusat.

Selain berfungsi untuk mengurangi resiko kecelakaan, sistem ini juga berfungsi untuk memonitor kondisi fisik sopir. Dari detak jantungnya bisa dilihat kondisi kesehatan sopir saat bekerja. “Dalam jarak jauh, kondisi sopir yang lelah dapat dipantau, sopir yang lelah bisa digantikan dengan sopir lain yang lebih fit. "Kami berharap studi ini bisa dikembangkan lebih lanjut.” Tambah Tsuneo.

Sumber: https://kask.us/inG3W

0 komentar:

Post a Comment