About Me

Monday 13 March 2017

7 Alasan untuk Mulai Berteman Akrab Dengan Planking



Planking adalah salah satu jenis latihan yang umum digunakan dalam program penurunan berat badan. Sebab planking mampu memberikan manfaat berupa penurunan berat badan dalam jumlah yang besar dalam waktu yang cukup singkat.

Planking seringkali dianggap sebagai gerakan full-body yang tak hanya memperkuat inti tubuh (core) namun juga mendukung kesehatan tulang belakang. Melakukan planking secara rutin akan membantu mengurangi nyeri punggung.

Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah manfaat sehat lainnya dari planking.

Memperkuat Otot Inti

Planking melibatkan semua kelompok otot inti dalam setiap pergerakannya. Sehingga gerakan ini bermanfaat untuk memperkuat otot inti.

Menurunkan Resiko Cedera Tulang Belakang

Planking adalah gerakan terbaik untuk mengobati sakit punggung tanpa memberikan tekanan pada tulang belakang dan pinggul sehingga mampu menurunkan risiko cedera tulang belakang.

Meningkatkan Metabolisme

Planking adalah latihan yang baik untuk menurunkan berat badan karena mampu membakar lebih banyak kalori serta mempercepat sistem metabolisme tubuh.

Melatih Keseimbangan

Planking mampu memperkuat otot-otot perut, dengan demikian mampu melatih keseimbangan tubuh dengan maksimal.

Memperbaiki Postur tubuh

Planking yang dilakukan secara rutin membantu untuk membuat postur tubuh jadi lebih baik serta memperkuat otot batu, leher, punggung, dan dada.

Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Melakukan planking setiap hari akan membuat tubuh lebih fleksibel karena planking membuatmu meregangkan rantai posterior, hamstring, dan lekukan di kaki atau jari kaki.

Memperkuat Kesehatan Mental

Tak banyak yang tahu bahwa melakukan planking bisa membantu dalam meningkatkan kekuatan mental. Sebabnya meregangkan otot akan meredakan stres dan ketegangan sehingga membuatmu lebih tenang.

Meskipun planking menyiksa, namun bisa memberikanmu sederetan manfaat super untuk tubuh.

Cara Melakukan Plank

Untuk pemula, berikut prosedur melakukan Plank:

Posisikan tubuh Anda seperti hendak push-up dengan siku ditekuk dan berada sejajar dengan bahu. Kaki harus sejajar dengan pinggul dan siku harus sejajar bahu. Katupkan kedua tangan Anda. Kontraksikan otot-otot perut Anda. Tubuh Anda harus sejajar dari ujung kepala hingga kaki. Tahan selama yang Anda bisa, dan tingkatkan durasinya hari demi hari.

Sumber:
https://www.merdeka.com/sehat/7-alasan-untuk-mulai-berteman-akrab-dengan-planking.html
http://www.klikdokter.com/rubrik/read/2700799/inilah-cara-melakukan-plank-yang-benar

0 komentar:

Post a Comment