About Me

Friday 19 April 2013

Bahan Alami yang Aman untuk Bersihkan Rumah

img

Membersihkan rumah adalah tugas rumah tangga yang wajib dikerjakan setiap hari. Namun kebanyakan alat-alat pembersih rumah tangga mengandung bahan kimia. Terpapar bahan kimia terus menerus bisa mengakibatkan gangguan kesehatan seperti sesak napas, alergi hingga keracunan.

Untuk meminimalisir dampak negatif penggunaan deterjen, gel atau cairan pembersih kimia, ada baiknya Anda menggantinya secara berkala dengan pembersih alami. Ini dia tiga bahan alami yang aman dan bisa digunakan untuk membersihkan rumah, seperti dikutip dari She Knows.

1. Cuka Putih

Aromanya memang kurang sedap, tapi cuka putih bisa jadi bahan pembersih alami yang aman bagi keluarga. Ini beberapa benda dan perabot yang bisa dibersihkan menggunakan cuka dan caranya:

- Campurkan setengah cangkir cuka dengan air panas untuk membersihkan lantai. Campuran cuka bisa membuat lantai bersih dan cemerlang seketika. Jika tidak suka baunya, Anda bisa menambahkan sedikit perasan lemon agar aromanya lebih segar.

- Isi botol spray dengan air dan cuka, perbandingan 3 (air) : 1 (cuka). Gunakan semprotan ini sebagai pembersih perabot seperti meja, pajangan atau jendela.

- Untuk menghilangkan noda pada karpet, siram area yang terkena noda dengan cuka kemudian tempelkan handuk di atasnya. Tekan-tekan (jangan digosok) agar cuka dan noda terserap ke handuk. Lakukan beberapa kali sampai nodanya memudar, baru bersihkan menggunakan sabun dan air.

2. Baking Soda

Baking soda adalah pembersih ideal untuk kamar mandi dan dapur. Anda bisa membuat sendiri pasta baking soda dengan air dan bubuk pengembang kue ini. Campurkan air dan baking soda sampai mengental dan teksturnya terbentuk seperti lem atau pasta.

Setelah jadi, gunakan untuk membersihkan noda dan kotoran pada wastafel, kompor gas serta benda-benda dari metal dan keramik lainnya menggunakan pasta gigi bekas yang sudah diberi pasta baking soda. Pasta ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau urin yang biasanya 'betah' menempel di lantai atau kloset kamar mandi.

3. Minyak Zaitun

Percaya atau tidak, minyak zaitun juga salah satu pembersih rumah alami yang cukup ampuh. Terutama untuk membersihkan debu dan mengilapkan furnitur kayu. Untuk membersihkan debu di permukaan furnitur, campurkan satu sendok makan minyak zaitun ke botol spray yang berisi air hangat. Lalu tambahkan satu sendok teh cuka putih. Semprotkan di bagian yang berdebu kemudian keringkan dengan kain kering.

Sementara jika ingin mengilapkan furnitur, campur minyak zaitun dengan air panas. Basahi handuk atau kain dengan campuran tersebut, peras airnya lalu gunakan handuk basah untuk mengelapnya. Tunggu hingga kering.

Sumber: http://wolipop.detik.com/

0 komentar:

Post a Comment