About Me

Sunday 17 March 2013

Yuk, Jelajahi Akuarium Air Laut Terbesar di Dunia

Yuk Jelajahi Akuarium Air Laut Terbesar di Dunia

Kunjungan ke Atlanta Georgia tak lengkap rasanya bila belum mampir dan menyaksikan kemegahan akuarium terbesar di dunia. Georgia Aquarium, merupakan rumah bagi 120 ribu hewan yang mewakili 500 spesies. Di area seluas 12 ribu kaki persegi pengunjung dapat menyaksikan 60 habitat hewan.

Adalah Bernard Marcus, seorang pebisnis yang bermimpi, Atlanta memiliki akuarium sebagai wahana pendidikan. Ide tersebut tercetus setelah dia dan istrinya mengunjungi 56 akuarium di 13 negara. Marcus kemudian menyumbang US$250 juta untuk membangun akuarium Georgia, sementara tanah dan biaya pembangunan sisanya merupakan sumbangan perusahaan. Total biaya pembangunan akuarium mencapai US$290 juta atau sekitar Rp2,8 triliun.

Yuk Jelajahi Akuarium Air Laut Terbesar di Dunia

Seperti tim Wisata Web kutip dari VivaTravel yang dilansir dari Amusing Planet, akuarium raksasa terdiri dari lima galeri terpisah yaitu Georgia Explorer, Tropical Diver, Ocean Voyager, Cold-Water Quest dan River Scout. Di sini pengunjung dapat menyaksikan beragam populasi hewan termasuk ikan paus, hiu, penguin, berang-berang, belut listrik, kuda laut, bintang laut, kepiting dan berbagai ikan dari semua ukuran.

Yuk Jelajahi Akuarium Air Laut Terbesar di Dunia

Salah satu daya tarik akuarium ini adalah Ocean Voyager, bagian yang mendominasi tiga perempat akuarium yang menjadi habitat hiu dan paus. Melalui terowongan akrilik sepanjang 100 kaki, pengunjung dapat menyaksikan tingkah polah ikan dari bawah. Akuarium juga menyediakan beberapa area kecil untuk memberi pengalaman interaksi dengan hewan laut.

Kompleks raksasa ini dikelola ratusan staf untuk memberi makan hingga membersihkan tangki serta mengoperasikan puluhan komputer untuk mengecek suhu dan aliran pompa, yang semuanya penting untuk kesehatan hewan.

Yuk Jelajahi Akuarium Air Laut Terbesar di Dunia

Uniknya, akuarium air laut ini berasal dari 8,5 juta galon air tawar yang dicampur dengan 680 ton garam untuk menjadikannya air asin.  Untuk menyimpan makanan hewan, akuarium memiliki frezeer yang mampu mendinginkan lebih dari 9 ton makanan dan kulkas yang mampu menampung 2,7 ton makanan.

Akuarium juga dilengkapi dengan rumah sakit khusus hewan seluas 5.800 kaki persegi dengan 15 orang staf, 26 tangki perawatan dan peralatan termasuk ruang operasi, unit radiografi dengan endoskopi, USG dan pindai sinar x.

Sumber: http://wisataweb.com/wisata-internasional/yuk-jelajahi-akuarium-air-laut-terbesar-di-dunia.html

0 komentar:

Post a Comment