About Me

Sunday 16 December 2012

Wanita Lebih Unggul Menilai Warna Ketimbang Pria


Apakah anda pernah tertanya-tanya mengapa pria tidak pandai mendekorasi rumah, atau setidaknya sekadar memilih warna cat untuk tembok?

Atau memiliki kecenderungan berpakaian dengan warna saling bertabrakan, alias tidak serasi? Jika dibandingkan dengan pria, wanita ternyata lebih pandai dalam hal itu.

Ada temuan yang cukup mengejutkan. Ternyata, jenis kelamin mempengaruhi cara melihat warna.

Penelitian itu menunjukkan bahwa otak pria dan wanita memproses warna dengan cara yang sedikit berbeda.

Tim peneliti menyimpulkan, untuk dapat mengenali warna, sebagian besar spektrum penglihatan pria membutuhkan gelombang sedikit lebih panjang daripada wanita.
Gelombang yang lebih panjang berhubungan dengan warna yang "hangat."

Misalnya, apabila kedua jenis kelamin melihat jeruk, maka akan pria melihat warna kemerah-merahan dibanding wanita. Hal yang sama juga terjadi ketika pria melihat rumput yang kekuning-kuningan dan wanita melihatnya lebih hijau. Perbedaan itu tidak berakhir di sana.

Percobaan yang dilakukan di City University di New York juga menunjukkan bahwa pria berjuang keras membedakan nuansa kuning, hijau, dan biru. Efeknya memang sangat kecil namun bisa berarti wanita paling cocok dengan kerjaan memilih warna cat dari lusinan grafik warna.


Temuan itu berdasarkan percobaan pada pria dan wanita yang diperlihatkan kilatan cahaya dan menanyakan warna yang mereka lihat. Semua memililki penglihatan yang normal dan tidak buta warna.

Peneliti Profesor Israel Abramov mengatakan bahwa perbedaan jenis kelamin dalam melihat warna tidak bisa dijelaskan dengan perbedaan struktur di mata. Jawabannya terletak dari cara otak, dengan hormon seks testosteron yang cenderung mempengaruhi bagaimana proses itu terjadi dan memang masuk akal informasi itu diambil oleh mata.

"Kami berhipotesis bahwa testosteron memainkan peran utama, entah bagaimana mengarah ke konektivitas yang berbeda untuk pria dan wanita."

Jurnal Biology of Sex Differences menyebutkan bahwa penelitian telah menunjukkan perempuan memiliki pendengaran yang lebih baik dan lebih akurat dalam indera perasa dan bau.

Dan pria jago dalam satu hal. Percobaan menunjukkan mereka menjadi sangat baik dalam mendeteksi dengan detail gambar yang bergerak, suatu sifat yang mungkin telah membuat nenek moyang laki-laki menjadi pemburu yang baik. Dan dalam dunia modern, mungkin sangat berguna ketika menonton sepak bola di televisi.

Sumber:
http://showbiz.liputan6.com/read/434648/pria-wanita-melihat-warna-dengan-cara-berbeda
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/09/12/73867/wanita_ungguli_pria_dalam_menilai_warna/#.UMzDe-RJ4bQ

0 komentar:

Post a Comment