About Me

Saturday 15 December 2012

Meludahkan Kotoran Hewan Dijadikan Olahraga?


Kudu Dung adalah olahraga di Afrika yang cukup aneh dan unik, dimana para kontestannya harus menempatkan kotoran hewan kijang di mulut mereka dan meludahkan kotoran tersebut sejauh mungkin.

Di negara-negara seperti Afrika Selatan, olahraga menjijikkan ini begitu populer, bahkan Kudu Dung sering dilombakan pada kejuaraan yang digelar setiap tahunnya.

Aturan main dalam kejuaraan meludah kotoran sangat sederhana. Bagi siapa saja yang mampu meludah kotoran kotoran tersebut paling jauh ialah pemenangnya.

Rekor ludahan paling jauh yang pernah tercatat adalah 15,56 meter, yang dicetak pada tahun 2006 oleh pria bernama Shaun van Rensburg. Dan hingga kini belum ada seorang pun yang dapat memecahkan jarak rekor tersebut.

Asal-usul Kudu Dung berawal dari suku setempat di Afrika yang merasa kesulitan saat memburu hewan kijang, karena memang hewan ini dikenal dapat berlari sangat cepat. Oleh sebabnya pemburu dapat menandakan keberadaan hewan buruannya itu dengan mencari jejak kotorannya.

Namun terlepas dari itu, selama bertahun-tahun, kotoran hewan kijang ini dibuat menjadi tradisi yang unik, dimana para pemburu sering memainkan kontes meludah kotoran kijang, untuk menghabiskan waktu mereka.

Menurut seorang wartawan National Geographic, Bokdrol Spoek, mengungkapkan bahwa tradisi unik ini sebenarnya tidak sekotor yang kita dengar. Karena ternyata, sebelum mereka menempatkan kotoran kotoran hewan itu di mulut, para kontestan biasanya menggunakan alkohol untuk mensterilkan bakteri. Namun tak sedikit juga dari mereka yang langsung mengambil kotoran tersebut dari tanah dan meletakannya langsung di mulut mereka.

Agar mendapat jarak yang baik, biasanya mereka memilih kotoran yang sudah mengeras. Tetapi bagi mereka yang sudah berpengalaman dengan olahraga ini, mengatakan bahwa mereka menolak jika harus menempatkan kotoran yang masih segar, karena tentu akan meninggalkan rasa yang tidak enak dimulut.

Sumber: http://fokusjabar.com/2012/11/apa-meludahkan-kotoran-hewan-dijadikan-olahraga/

0 komentar:

Post a Comment