About Me

Saturday 15 December 2012

Ini Penyebab Pria Gendut di Perut Sedangkan Wanita di Paha

img

Lemak bukan hanya masalah wanita saja. Pria pun punya problema serupa hanya saja letaknya berbeda. Pada pria, lemak menumpuk di perut, sementara wanita lebih banyak di paha. Kenapa berbeda?

Lemak bukan hanya masalah wanita saja. Pria pun punya problema serupa. Pada pria dan wanita, lemak umumnya menumpuk di tiga bagian tubuh yaitu paha, lengan dan perut.

Penumpukan lemak ini jika diperhatikan berbeda antara pria dan wanita. Pakar kesehatan olahraga dari RS Mitra Kemayoran, Dr Michael Triangto, SpKO, mengatakan pada pria umumnya terjadi obesitas di perut. Sedangkan wanita lemak lebih banyak menumpuk di area pinggul dan paha.

Perbedaan penumpukan lemak ini terjadi karena perbedaan bentuk tubuh pria dan wanita. Rata-rata pria memiliki bentuk tubuh seperti apel atau apple shape, sementara wanita lebih banyak yang tubuhnya berbentuk seperti pir atau lampu.

"Hal ini menyebabkan perubahan dari lokasi tempat-tempat lemak tersebut. Tapi ada juga wanita yang dia tubuhnya tidak berbentuk pir, jadinya berlemak di perut karena bentuk dia kita sebut sebagai somatotype," urai Michael saat diwawancara wolipop di kawasan Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (13/12/2012).

Michael menjelaskan lebih lanjut apa itu bentuk tubuh somatotype. Wanita yang bentuk tubuhnya tipe somatotype, tubuhnya seperti laki-laki, berdada lebar dan pinggulnya kecil. "Makanya lemaknya lebih banyak di perut karena bagian bawahnya akan kecil," imbuhnya.

Tipe bentuk tubuh lainnya yang juga bisa menentukan letak lemak adalah genotype. Orang dengan bentuk genotype, seperti segitiga terbalik sehingga lemaknya akan berkumpul di bagian bawah tubuh.

Sumber: http://wolipop.detik.com/read/2012/12/14/092815/2118325/234/ini-penyebab-pria-gendut-di-perut-sedangkan-wanita-di-paha?w991100most

0 komentar:

Post a Comment