About Me

Friday 16 November 2012

Membuat Folder yang Tahan/Kebal Terhadap Serangan Virus


Pernahkah file-file dan folder di dalam komputer maupun pada Removable Disk Anda diutak-atik virus? Biasanya virus suka menyembunyikan, menginfeksi, ataupun menghapusnya file-file yang ditemuinya sehingga kita direpotkan untuk menemukannya kembali.

Agar file-file kesayangan Anda tidak disembunyikan, diinfeksi, ataupun dihapus oleh virus, biasakan menyimpan file penting anda di dalam sebuah folder yang diberi penamaan dengan simbol unik (Unicode Folder Naming). Simbol Unicode ini merupakan simbol yang tidak bisa kita jumpai dalam keyboard.

Misalnya:


Bagaimana cara menemukan karakter seperti ini?

Fitur Symbol Pada Microsoft Word


Buat Anda, pasti sudah tidak asing dengan Microsoft Word. Simbol-simbol unik dapat Anda peroleh dari InsertSymbol. Jangan lupa untuk mengatur ke opsi Unicode (hex) pada opsi from.

Fitur Character Map Pada Windows



Tekan:  + R, Kemudian ketikkan "charmap" dan tekan Enter. Simbol-simbol dengan fitur ini lebih lengkap. Bahkan, Anda bisa memilih Tulisan Mandarin dan Jepang pada Font Arial Unicode MS dan Lucida Sans Unicode.

Fitur Translator


Anda bisa mencoba menerjemahkan suatu kata menjadi bahasa Mandarin, Jepang, ataupun Korea dengan menggunakan Translator Online. Salah satunya adalah Google Translate. Gunakan tulisan yang telah diterjemahkan ini untuk penamaan suatu folder.

Dalam penamaannya, menggunakan satu buah karakter Unicode saja sudah cukup membuatnya aman dari serangan virus.

Apabila file-file yang telah anda simpan di dalam folder yang mengandung karakter Unicode ini tidak bisa dibuka/dijalankan secara sempurna, maka pindahkan dulu ke folder lain yang tidak mengandung karakter Unicode dan coba buka/jalankan kembali.

Untuk Anda yang langsung ingin menggunakan karakter unicode tanpa mengutak-atik lagi, saya berikan beberapa di sini:

ヒ ŕ°Ľ r ஃ ďž› ŕŚˇ é†‡ Ж 〣

Mengapa bisa tahan terhadap serangan virus?

Hampir semua virus yang beredar sejauh ini belum didukung oleh kemampuan membaca karakter Unicode. Jadi, mereka sama sekali tidak sanggup untuk mengenal folder yang berkarakter Unicode ini apalagi membuka dan mengutak-atik isi di dalamnya.

Bagaimana cara mengujinya?

Untuk mengujinya, tidak perlu mencari virusnya dan menyerahkan folder ini sebagai umpan. Cukup dengan menginstalasi aplikasi ini. Setelah itu, klik kanan pada folder yang ingin diuji dan klik Open Command Window Here.
Untuk pengguna Windows 7, tidak perlu menginstalasi tetapi cukup dengan menekan dan menahan tombol Shift lalu klik kanan ke folder yang akan diuji kemudian klik Open Command Window Here.

Setelah itu, akan keluar jendela Command Prompt, kemudian perhatikan nama foldernya. Apabila terdapat tanda tanya, itu berarti karakter yang digunakan sebagai nama foldernya tidak bisa diidentifikasi oleh Command Prompt dan sama halnya juga oleh virus.


Perluasan kata kunci: Kebal, AmanTahan, Serangan, Virus, Trojan, WormRamnit, Sality, Mow, Qvod.

0 komentar:

Post a Comment