About Me

Thursday 11 October 2012

Menatap Satu Abad Kiprah Nintendo di Dunia

Menatap Satu Abad Kiprah Nintendo di Dunia

Nintendo mengawali kiprahnya di dunia hiburan sebagai sebuah perusahaan yang hanya menjual kartu mainan (akrab juga disebut sebagai trading card). Kini, setelah 100 tahun berlalu sejak Nintendo pertama kali didirikan oleh mendiang Fusajiro Yamauchi, Nintendo telah berubah menjadi salah satu perusahaan hiburan yang paling terkenal di dunia. Hal yang sama juga diutarakan oleh Reggie Fils-Aime, presiden dari Nintendo of America.



"Selama ini kami selalu menjadi sebuah perusahaan hiburan. Saya rasa apa yang bisa dilakukan oleh Wii U lebih jauh memperlihatkan visi kami dalam sudut pandang dunia hiburan yang jauh lebih luas lagi. Karena pada akhirnya ketika para konsumen menghabiskan waktu dalam hiburan jenis apapun tanpa menggunakan peralatan kami merupakan sebuah kesempatan yang terlewatkan bagi kami," tuturnya.

"Cara berpikir seperti itu yang mendorong kami menciptakan Brain Age, jenis pemikiran seperti itu yang mendorong kami untuk menciptakan Wii Fit. Yang kami maksud adalah mencoba memandang pada sudut pandang yang seluas mungkin untuk apa yang bisa menggantikan hiburan." Tidak lupa, Reggie juga memuji kemampuan Wii U dan menjelaskan keuntungan dari penggunaan GamePad yang sangat unik itu.



"Mau mereka sudah 95 tahun atau masih lima tahun, kami ingin menciptakan sebuah hiburan yang akan berbicara dengan konsumen. Dari sudut pandang kami, baik itu kami yang menghantarkan peralatan handheld itu ataupun di dalam rumah mereka sendiri, ini merupakan kesempatan untuk berhubungan dengan para konsumen, membuat mereka tersenyum dan memberikan sesuatu yang positif bagi mereka," jelasnya lagi.

"Kalau kalian melihat cara kami mengatur franchise Mario, Zelda dan semua franchise inti kami, menggunakan beragam model permainan yang berbeda, pada akhirnya semua selalu berhubungan dengan hiburan yang sangat memikat. Saya rasa kami telah melihat diri kami sendiri sebagai sebuah perusahaan hiburan. Saya rasa ketika kita meluncurkan Wii U dan ketika para konsumen merasakan sendiri Nintendo TV, saya rasa konsumen akan melihat kami sebagai sebuah perusahaan hiburan yang lebih luas lagi."



Memang sebuah perkembangan yang luar biasa dari sebuah perusahaan seperti Nintendo, bagaimana mereka mengembangkan usaha mereka dari yang hanya sekedar perusahaan kartu, menjadi sebuah perusahaan yang kini bertanggung jawab atas salah satu platform paling inovatif yang pernah ada di industri game.

Sumber: http://www.klikgame.com/article/menatap-satu-abad-kiprah-nintendo-di-dunia

0 komentar:

Post a Comment