About Me

Wednesday 3 October 2012

5 Alasan Apple 'Ceraikan' Google Maps

Apple Maps

Setelah sekian lama mengandalkan Google Maps, Apple akhirnya memutuskan tidak akan lagi menggunakannya. Mulai sistem operasi iOS 6, Apple memakai layanan petanya sendiri, Apple Maps.

Sayangnya, Apple Maps tampaknya belum dipersiapkan secara matang. Banyak petunjuk arahnya tidak akurat. Mode 3 dimensi Apple Maps pun sering tak sempurna, alhasil banyak bangunan muncul tidak sesuai aslinya.

Cukup banyak yang menilai Apple tergesa-gesa memakai peta buatannya itu dan mendepak Google Maps. Sesungguhnya, apa alasan Apple menceraikan Google Maps yang terbukti powerful? Berikut di antaranya, seperti detikINET kutip dari Huffington Post, Senin (1/10/2012).

1. Google Maps di Android lebih baik

Salah satu alasan Apple putus hubungan dengan Google Maps kemungkinan karena merasa dianaktirikan. Chris Ziegler dari media teknologi The Verge menyebutkan bahwa Google Maps untuk Android semakin lebih baik dibandingkan versi untuk iOS.

Wajar saja, Android adalah sistem operasi buatan Google sendiri. Apple pun merasa tidak puas dengan kebijakan Google tersebut.

"Apple sepertinya merasa bahwa versi lebih lama Google Maps di iOS ketinggalan dari Android, khususnya karena tidak ada akses turn by turn navigation yang telah diberikan Google pada Android dalam beberapa tahun," tulis Chris.

2. Apple gagal memaksa Google

Apple awalnya ingin menggunakan data Google untuk menggelar layanan navigasi berbasis suara di iOS. Namun mereka gagal memaksa Google memberikannya.

"Apple memaksa keras Google untuk menyediakan data yang diperlukan untuk membawa navigasi panduan suara ke iOS. Namun menurut sumber, Google yang berinvestasi banyak menciptakan data tersebut tidak mau menyerahkannya," kata John Paczkowski dari AllThingsD.

Google menilai fitur tersebut adalah kelebihan dari sistem operasi Android ciptaannya. Inilah salah satu alasan Apple segera menceraikan Google Maps.

3. Apple tidak mau menunggu

Menurut sumber, Apple sejatinya baru akan bercerai dengan Google Maps pada tahun 2013. Namun mereka memutuskan untuk mempercepatnya.

John Grubber, seorang pengamat teknologi, menganggap bahwa Apple tidak mau menunggu lebih lama agar Google mengabulkan permintaannya. Mereka pun langsung menggelar layanan Maps sendiri.

Terlebih, perkenalan Apple Maps juga mendapatkan momentum yang tepat. Yaitu bersamaan dengan rilis iPhone 5 serta sistem operasi iOS 6 yang menarik banyak perhatian.

4. Apple juga ingin superior di Maps

Apple mungkin tahu sejak awal bahwa layanan petanya bermasalah. Namun mereka berspekulasi bahwa para fans akan memakluminya dan kemudian Apple akan terus mengembangkannya menjadi lebih baik.

Matthew Yglesias, seorang pengamat teknologi, menilai Apple juga punya impian bahwa suatu hari dapat menjadi penyedia layanan peta yang superior seperti para rivalnya.

"Yang dicapai Apple dengan mengakhiri relasi dengan Google adalah kesempatan bahwa suatu hari mereka punya peta terbaik di dunia. Selama Apple masih bergantung pada Google, mereka tidak akan pernah memiliki kesempatan itu," kata Matthew.

5. Apple ingin lebih inovatif dari Google

Meski beberapa fiturnya kacau, beberapa pihak menilai fasilitas seperti Flyover dan opsi penglihatan 3 Dimensi cukup baik. Media New York Times menilai, opsi peta 3 Dimensi Apple adalah kelebihan dibanding Google Maps.

"Google juga punya gambar 3 Dimensi di Google Earth, yang adalah aplikasi terpisah dengan kode basis berbeda dari Google Maps, jadi butuh waktu untuk mengkombinasikan keduanya," tulis New York Times.

Sumber: http://livebeta.kaskus.co.id/thread/000000000000000016714348/5-alasan-apple-menceraikan-google-maps

0 komentar:

Post a Comment