About Me

Wednesday 15 August 2012

Pulihkan Kebutaan, Ilmuwan Bikin Retina Buatan


Dua peneliti di Weill Cornell Medical College mampu menguraikan kode saraf retina tikus dan ditambah menggabungkan kode itu ke perangkat prostetik (retina buatan) baru. Dengan perangkat tiruan tersebut, mereka mengklaim mampu memulihkan penglihatan pada tikus buta.

Dilansir Scienceblog, Rabu (15/8/2012), para peneliti mengatakan, mereka telah menguraikan kode untuk retina kera yang pada dasarnya identik dengan retina manusia. Ke depan, mereka berharap bisa segera merancang dan menguji sebuah perangkat retina buatan untuk pasien yang mengalami kebutaan.

Terobosan yang dilaporkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS), menandakan suatu kemajuan besar dalam upaya memulihkan penglihatan. Prostetik yang dikembangkan saat ini memungkinkan pasien buta dengan titik-titik dan tepi cahaya untuk membantu navigasi mereka.

Perangkat baru ini menyediakan kode untuk memulihkan penglihatan normal. Kode tersebut dinilai begitu akurat, sehingga mampu mengenali wajah dan memungkinan hewan untuk menelusuri gambar yang bergerak.

"Ini waktu yang menyenangkan. Kami bisa membuat retina tikus buatan untuk dapat melihat. Kami bergerak secepat yang kami bisa untuk melakukan terobosan ini pada manusia," ujar Sheila Nirenberg, ilmuwan syaraf komputasi di Weill Cornell.

Pendekatan baru ini memberikan harapan bagi 25 juta orang di seluruh dunia yang menderita kebutaan karena penyakit retina. Sebab, terapi obat hanya dapat menolong sebagian kecil dari populasi ini.

Perangkat retina buatan adalah pilihan terbaik mereka untuk melihat masa depan. "Ini adalah prostetik pertama yang memiliki potensi untuk memberikan penglihatan normal atau mendekati normal karena ini menggabungkan kode," pungkas Cornell.

Sumber: http://www.duniaproduk.com/berita/more/1-0-42689/pulihkan-kebutaan-ilmuwan-bikin-retina-buatan

0 komentar:

Post a Comment