About Me

Saturday 11 August 2012

Operasi caesar Mengurangi IQ Anak


Ilmu pengetahuan modern telah menyajikan bukti yang meyakinkan dari saling ketergantungan langsung antara kemampuan mental anak dan dengan proses cara kelahirannya.

Bayi lahir dengan cara alami kemungkinan memiliki tingkat kecerdasan (IQ) yang lebih besar. dibandingkan dengan bayi-bayi yang lahir melalui operasi caesar, menurut para ilmuwan dari Amerika Serikat yang diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE.

Operasi caesar bukan cara terbaik untuk melahirkan, sebab operasi dapat mempengaruhi kesehatan otak anak. Bayi yang dilahirkan secara normal di dalam otak bayi ada protein yang berfungsi untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Tingkat protein lebih tinggi bila bayi lahir melewati jalan kelahiran, para peneliti dari Yale University, melakukan percobaan pada tikus.

Para peneliti memeriksa wilayah hippocampus (bagian dari otak yang terlibat dalam mekanisme, termasuk transisi dari memori jangka pendek ke jangka panjang) pada otak tikus lahir secara alami dan melalui operasi caesar. Tikus dari kategori kedua ini memiliki tingkat protein lebih rendah dan sebagai konsekuensinya, menderita kekurangan perilaku di masa dewasa.

"Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UCP2, mungkin telah memainkan peran kunci dalam perkembangan kompenen fungsi otak dan perilaku terkait.

Ilmuan berkesimpulan bahwa melahirkan melalui Operasi caesar secara signifikan mengurangi tingkat kecerdasan otak anak di masa dewasa.

Sebelumnya juga, para ilmuwan telah membuktikan bahwa kelahiran anak-anak melalui operasi caesar lebih berisiko terkena berbagai penyakit, termasuk alergi dan asma.

Sumber: http://www.rinagu.com/2012/08/operasi-caesar-mengurangi-iq-anak.html

0 komentar:

Post a Comment