About Me

Saturday 5 May 2012

Klaudikasio, Sakit pada Otot Kaki Karena Penyempitan Arteri


Deskripsi

Klaudikasio adalah rasa sakit yang disebabkan oleh aliran darah terlalu sedikit selama latihan. Kadang-kadang disebut klaudikasio intermiten, kondisi ini umumnya mempengaruhi pembuluh darah di kaki, tapi klaudikasio juga dapat mempengaruhi lengan. Pada awalnya, Anda mungkin akan merasakan sakit hanya saat Anda berolahraga, tetapi jika klaudikasio sudah memburuk, rasa sakit dapat mempengaruhi Anda bahkan ketika Anda sedang beristirahat.

Penyebab

Meskipun kadang-kadang dianggap sebagai penyakit, klaudikasio secara teknis merupakan gejala suatu penyakit. Paling sering, klaudikasio adalah gejala penyakit arteri perifer, masalah sirkulasi darah yang berpotensi serius, tapi bisa diobati. Penyebabnya adalah karena pembuluh darah tersumbat dengan gumpalan lemak, kolesterol dan lainnya, yang disebut plak aterosklerotik. Plak ini bisa membuat arteri sempit sehingga aliran darah terhambat. Anda akan merasa sakit karena otot-otot kaki Anda tidak mendapatkan oksigen dari darah. Oksigen adalah bahan bakar yang diperlukan otot untuk melakukan gerak.

Gejala

Gejala klaudikasio meliputi:

1. Nyeri ketika berolahraga
Anda mungkin merasa sakit atau tidak nyaman di kaki, betis, paha, pinggul, lengan atau bokong tergantung di mana Anda mungkin memiliki penyempitan arteri atau kerusakan.

2. Nyeri yang menyerang tiba-tiba
Rasa sakit dapat datang dan pergi tiba-tiba meskipun Anda sedang tidak berolahraga, bahkan ketika Anda sedang duduk atau berbaring.

3. Perubahan warna kulit
Jika aliran darah sangat berkurang, jari-jari kaki atau jari mungkin terlihat kebiruan atau terasa dingin ketika disentuh. Hal tersebut juga dapat berpotensi menyebabkan luka di telapak kaki, kaki, jari kaki dan lengan Anda.

4. Melemahnya otot

Pengobatan

Jika tidak diobati, klaudikasio dan penyakit arteri perifer dapat mengurangi kualitas hidup Anda dan berpotensi terhadap komplikasi. Klaudikasio dapat membatasi kemampuan gerak Anda dan membuat olahraga Anda diliputi rasa sakit yang tak tertahankan.

Pengobatan klaudikasio dan penyakit arteri perifer dapat membantu mencegah penyakit anda bertambah parah dan mengurangi gejala. Perubahan gaya hidup, seperti berhenti merokok dan olahraga teratur merupakan langkah pertama dalam mengobati klaudikasio. Jika gejala klaudikasio Anda tidak membaik, dokter mungkin akan menyarankan pilihan pengobatan lain, termasuk penggunaan obat-obatan. Dokter Anda mungkin menyarankan Anda minum aspirin, lopidogrel (plavix), dipyridamole (persantine) dan ticlopidine untuk mengurangi kemungkinan pembekuan darah.

Kasus klaudikasio dan penyakit arteri perifer yang lebih serius mungkin memerlukan angioplasti. Ini adalah prosedur memperlebar pembuluh darah yang rusak dengan menggunakan tabung sempit yang bergerak melalui pembuluh darah Anda dan memiliki balon karet di ujungnya yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi.

Sumber: health.detik.com

0 komentar:

Post a Comment