About Me

Sunday 6 May 2012

Inilah Hewan yang Suaranya Paling Besar di Bumi


Sebagai perbandingan, Udang Pistol (Alpheus bellulus) bisa dibilang sebagai makhluk dengan suara paling keras di bumi. Udang kecil ini mampu menembakkan capitnya dan memancarkan suara hingga 200 desibel yang digunakan untuk menyetrum mangsanya. Proses ini juga dapat menciptakan sebuah gelembung kecil yang―untuk sepersekian detik―lebih panas daripada permukaan matahari pada suhu 8.000 F (4.426 C).

Para ilmuwan baru saja mengumumkan untuk pertama kalinya bahwa hewan paling keras dengan ukuran tubuh paling mungil, adalah Micronecta scholtzi. Hewan kecil berukuran ± 2 mm ini mampu menghasilkan suara 99.2 desibel atau setara dengan suara orkestra yang didengar penonton di kursi paling depan. Bagi Micronecta scholtzi jantan, suara tersebut digunakan untuk menarik betina. Suara itu sendiri merupakan hasil dari sebuah proses menggosok-gosok alat kelaminnya.

Menurut Dr. Windmill James dari University of Strathclyde, meskipun lebih dari 99% suaranya hilang ketika berpindah dari air ke udara, dengan frekuensi suara 10 kHz, seseorang berjalan di sepanjang tepian sungai benar-benar bisa mendengar nyanyian makhluk-makhluk kecil itu dari dasar sungai.

Udang yang sangat berbahaya, yang sering disebut Pistol Shrimp memiliki senjata buatan Tuhan yang sangat canggih, yaitu berupa pistol ganas yang ada di tangan kirinya. ada 600 species dalam 38 genus, udang ini memiliki skill menembak jarak tembaknya 4 cm, dan kecepatan tembaknya 90 km/jam, makanya ikan kecil yang dikenai senjata ini langsung tewas seketika.

Tembakan ini tidak menggunakan hanya menggunakan capitannya yang mengatup sangat cepat sehingga mengakibatkan kekuatan yang sangat besar kisaran yang paling besarnya sekita 240 desibel, selain itu juga mengakibatkan air yang dikenai tenaga tersebut naik menjadi 5000 Celcius, gila bukan ?

Bisa dibayangkan mengapa udang ini disebut udang pistol? Jika sedang berdecik, suara udang pistol dapat menghancurkan kaca yang tebal. Decikan inipun mampu menghasilkan gelombang kejut seperti sebuah ledakan dalam radius 6 meter di dalam air.

Kita harus bersyukur karena udang pistol hidupnya di dasar laut sehingga aktivitasnya menganggu kehidupan di darat..


Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=14308782

0 komentar:

Post a Comment