About Me

Monday 7 May 2012

Catur Super Besar Pecahkan Rekor Muri


Sudah biasa jika melihat catur dengan ukuran pada umumnya. Tapi apa jadinya jika yang dilihat itu, adalah catur tidak lazim. Ya, papan catur beserta bidak yang ukurannya super besar atau raksasa.

Sontak, catur raksasa yang diprakarsai PT Indosiar Visual Mandiri, PT Komunikasi Mantap Indonesia dan Antangin itu, membuat decak kagum warga saat dipertontonkan di Lapangan Alun-alun Utara Kraton Surakarta, Kota Solo, Minggu (6/5).

Catur raksasa itupun, berhasil memecahkan Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) dengan katergori papan catur terbesar dengan bidak raja tertinggi. Tidak tanggung-tanggung, besar papan catur itu 30,55 x 30,55 meter dan bidak rajanya 6,55 x 2,44 meter.

Bahkan ratusan warga yang memadati acara pemecahan rekor tersebut, tampak tidak henti-hentinya mengabadikan dengan kamera saku dan ponselnya. Banyak juga yang berfoto di samping bidak catur raksasa itu sembari memandangi ukuranya yang jarang dilihatnya.

“Waoo, besar sekali. Terus memainkannya gimana ya. Pasti menggerakkan bidaknya butuh beberapa orang,” celetuk Indrisari Ningrum (22) seorang warga Kelurahan Jebres yang melihat bersama teman-temannya itu.


Dia pun mengaku baru pertama kali melihatnya di Kota Bengawan ini. Apalagi mahasiswa universitas negeri di Solo itu, menyempatkan diri menyaksikan acara pemecahan Muri yang sekaligus sengaja berfoto bersama dengan catur raksasa tersebut. “Hehe, kemarin tahu infonya. Makanya pagi-pagi langsung ke Alun-alun Utara. Ya sekalian saja jalan-jalan gitu, kan libur kuliah,” kata dia dengan lugu.

Kepala Divisi Program Indosiar, Esmal Diansyah mengungkapkan, pemecahan rekor Muri papan catur terbesar dan bidak raja tertinggi itu adalah rangkaian acara Semarak Indosiar ke 17 tahun. Dari enam kota yang dikunjungi acara itu yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang dan Palembang, hanya di Solo yang khusus digelar pemecahan rekor Muri.

“Kami pilih catur. Karena selama ini olahraga ini semakin akrab dengan masyarakat Indonesia. Ini sesuatu yang paling berbeda kami suguhkan untuk masyarakat Solo. Antusiasme masyarakat juga luar biasa. Mereka kaget ada catur raksasa,” ujar dia.

Sumber: http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/05/06/117557/Catur-Super-Besar-Pecahkan-Rekor-Muri

0 komentar:

Post a Comment