About Me

Sunday 20 May 2012

10 Kesalahan Konyol Dalam Surat Lamaran Kerja


Hati-hati jika menulis surat lamaran kerja, sebab ada beberapa kesalahan konyol yang bisa membuat Anda tidak diterima. Apa saja bentuk kesalahan tersebut? Simak sepuluh daftarnya seperti yang dilansir dari Live Science (09/04) berikut ini:

Terlalu detil

Nomor telepon yang terlalu banyak, alamat lain selain rumah pribadi, jumlah gaji yang diminta, serta alamat sekolah atau perusahaan sebelumnya merupakan detail yang tidak perlu Anda cantumkan dalam surat lamaran kerja.

Terlalu banyak ruang kosong

Meskipun surat lamaran kerja tidak harus seperti koran yang padat, namun pihak perusahaan juga tidak menginginkan Anda untuk menulis terlalu sedikit dan membiarkan banyak ruang kosong dalam surat lamaran kerja Anda.

Dua halaman

Surat lamaran kerja juga tidak sebaiknya lebih dari satu halaman. Halaman kedua diperbolehkan jika isinya adalah referensi dari hal-hal yang telah Anda sebutkan dalam surat lamaran kerja, misalnya sertifikat.

Foto

Jangan pernah mencantumkan foto di atas surat lamaran kerja kecuali pihak perusahaan memang meminta Anda melakukan hal tersebut. Sebab beberapa perusahaan justru meminta foto Anda terpisah dan tidak dalam keadaan ditempel di atas surat lamaran kerja Anda.

Typo

Salah menulis tanggal, tempat, atau ejaan lainnya juga membuat pihak perusahaan tidak tertarik untuk menerima Anda sebagai salah satu karyawan mereka.

Fakta yang menganggu

Jika Anda sempat menjadi juara balap karung dalam lomba kemerdekaan, Anda tidak perlu mencantumkan fakta tersebut. Selain dinilai menganggu, penghargaan yang tidak ada hubungannya dengan keterampilan kerja yang dibutuhkan juga tidak akan bernilai apapun.

Sekolah dasar

Beberapa perusahaan tidak membutuhkan informasi di mana Anda menuntut ilmu di jenjang sekolah dasar dan hanya ingin tahu pendidikan terakhir yang Anda tempuh.

Hobi yang aneh

Jangan sampai Anda menulis berbagai jenis hobi aneh Anda pada surat lamaran kerja. Pihak perusahaan akan kehilangan minat mereka untuk mempekerjakan Anda.

Jenis huruf yang konyol

Comic Sans, Papyrus, dan berbagai jenis huruf unik lainnya sangat tidak pantas untuk digunakan dalam surat lamaran kerja.

Alamat email yang lucu

Anda sudah dewasa bukan? Maka dari itu cantumkan alamat email yang normal dan wajar untuk menghindari penolakan dari perusahaan yang Anda lamar.

Sumber: spotmenarik.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment