About Me

Monday 12 March 2012

Alasan Kenapa Waktu WIB dan WIT Segera Dijadikan WITA


Pemerintah berencana hanya akan memakai satu zona waktu dari saat ini terdiri dari tiga zona waktu yaitu Barat (WIB), Tengah (WITA) dan Timur (WIT). Hal ini bertujuan untuk mendorong efisiens yang diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan penerapan zona satu waktu akan memberikan keunggulan dari waktu yang lebih efisien serta penghematan dalam angka triliunan rupiah.

"Ada perhitungan studi yang mengatakan bisa menghemat angka triliunan rupiah dalam hal itu. Yang penting menguntungkan, kita bisa lebih efisien dalam pengaturan dan sebagainya. Jadi, saya dukung," kata Hatta saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu (11/3/2012)

Hatta menambahkan pemerintah akan segera menerapkan zona satu waktu. Namun, Hatta enggan mengatakan kapan kepastiannya terkait keputusan resmi penetapan zona satu waktu. "Kapannya saya belum tahu. Tapi, semua mendukung kok itu," tambahnya.

Ia mencontohkan daerah Aceh yang geografis masuk Wilayah Indonesia Barat (WIB), tapi secara faktual waktunya sama dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Hal ini mengacu perbedaan waktu antara Aceh dengan Jakarta misalkan saat adzan sholat.

Ia menuturkan bila diterapkan sama secara keseluruhan yaitu satu waktu dengan negara Malaysia atau Singapura maka akan ada traffic jam kerja yang dilakukan serentak.

"Kalau dari timezone dikatakan sama dengan negara-negara tetangga, maka kita banyak sekali melakukan penghematan, traffic maupun dalam jam kerja. Begitupun di dalam aktivitas ekonomi lainnya," pungkasnya singkat.

Seperti diketahui untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi, pemerintah berencana menyatukan perbedaan wilayah waktu Indonesia yang saat ini dibagi ke dalam tiga zona waktu (WIB, WITA dan WIT). Rencana zona Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA) akan menjadi acuan, nantinya batas waktu Indonesia dalam internasional akan menjadi Greenwich Mean Time (GMT) +8.


Sumber: http://www.majalahmaya.com/2012/03/alasan-kenapa-waktu-wib-dan-wit-segera.html

0 komentar:

Post a Comment