About Me

Friday 30 March 2012

Tips Alami Membasmi Kecoa


Cara paling sering dilakukan untuk mengusir kecoak adalah dengan menggunakan cairan pengusir serangga. Namun, kandungan zat kimia dalam cairan tersebut seringkali pula tidak cocok dengan bagian-bagian tubuh manusia. Bagi beberapa orang yang sensitif dengan cairan mengandung bahan kimia ini, dapat beralih dengan cara-cara alamiah, seperti :

Timun atau lemon
Ambil timun atau lemon dan potong menjadi bagian-bagian kecil lalu letakkan di tempat-tempat yang sering dilalui kecoak.

Daun salam
Letakkan beberapa lembar daun salam yang biasa dilalui serangga ini.

Biji bunga lavender
Ambil segenggam biji dan letakkan dalam wadah kecil. Letakkan wadah berisi biji-biji tersebut di beberapa tempat, misalnya kamar mandi atau dapur. Aroma wangi lavender sangat tidak disukai kecoak.

Kapur barus
Aroma kapur barus pun tak ubahnya biji bunga lavender. Bau kapur barus sangat tidak disukai kecoak sehingga cocok diletakkan di tempat-tempat yang biasa dilalui serangga ini.

Sabun batangan
Potong kecil-kecil lalu taruh dalam mangkuk berisi air taruh di sekitar area yang lembab.

Namun, meskipun cara-cara mengusir kecoa ini sudah Anda terapkan, kecoa masih berkeliaran di lingkungan tempat tinggal Anda. Untuk mengusir kecoa secara tuntas, kita harus:

  • Menyempatkan waktu membersihkan saluran air atau selokan yang mampet di depan rumah. Tempat lembab dan kotor seperti ini adalah hunian favorit kecoa.
  • Menghindari tumpukan barang-barang dalam ruang tidur, dan menjaga sirkulasi udara di dalamnya tetap lancar. Membuka jendela lebar-lebar secara rutin akan membantu pertukaran udara, sehingga kamar tidak lembab.
  • Menjaga kebersihan, Usahakan tempat sampah basah anda selalu dalam kondisi tertutup, untuk menghindari agar lalat atau kecoa tidak mudah hinggap. Buanglah sampah setiap hari, selain menghindari lalat/kecoa, rumah Anda tentu juga terhindar dari bau tak sedap.
  • Sedapat mungkin hindari pemanfaatan penempatan barang-barang pada kolong-kolong yang terdapat di sekitar dapur, tempat tidur dan dibawah kolong-kolong lainnya, menempatkan barang di bawah kolong menimbulkan area sempit dan lembab, hal ini sangat disukai para kecoa untuk tempat tinggal dan bercumbu dengan pasangannya hingga bertelur dan beranak pinak. Kalaupun anda terpaksa melakukannya sebaiknya gunakanlah kristal-kristal penyerap lembab yang banyak dijual di pasaran, atau gunakan kapur barus di sela-sela barang anda, celah tembok dan barang pada kolong untuk mengusir kecoa.

Sumber:
http://www.frewaremini.com/2012/02/cara-mengusir-kecoa-dalam-rumah-kamar.html
http://roemahorganik.info/2011/12/cara-alami-pengharum-ruangan-dan-mengusir-kecoa
http://www.iniunik.web.id/2011/06/4-tips-alami-membasmi-kecoa.html#axzz1qbS411nu

0 komentar:

Post a Comment