About Me

Thursday 16 February 2012

Resiko bila Minum Soda Terlalu Sering


Disaat kita kehausan anda akan lebih memilih minuman bersoda yang dingin agar bisa melepas dahaga ketimbang air dingin bagi sebagian orang. Tapi apakah anda tahu minuman bersoda mempunyai banyak resiko yang kita belum ketahui. Saat kita meminum soda, gula dan kafein segera menyeruak ke dalam tubuh memangkas energi kita. Meski sudah tahu mengenai gambaran buruk efek meminum soda, tetap saja banyak yang merasa tak keberatan dengan itu. Jika sesekali mengkonsumsinya mungkin tidak apa-apa, tetapi apabila setiap hari, mungkin akan menimbulkan resiko bagi kesehatan.

Hanya sedikit yang benar-benar peduli. Yang perlu diketahui di sini adalah bukan efek kita meminum soda hari ini, tapi efeknya dalam jangka panjang. Berikut gambaran singkat, dalam beberapa tahun, apabila kita terlalu sering meminum soda.

Inilah berbagai resiko minuman bersoda:

1. Menaikkan berat badan
Minum satu kaleng soda tiap hari dalam sebulan akan menaikkan berat badan sebanyak setengah kilogram.

2. Tidak ada nilai gizi dalam soda
Menurut Gans, ini adalah alasan utama untuk tidak minum soda. Saat kehausan atau setelah berpuasa, tubuh membutuhkan cairan yang bernutrisi. Sedangkan soda tak memiliki nilai gizi di dalamnya.  Soda sama sekali tidak memiliki nilai gizi. Soda hanya diisi dengan gula dan kalori. Minuman ini hanya akan menjadi ‘limbah’ dalam tubuh.

3. Meningkatkan risiko diabetes
Tingginya kadar gula dalam soda mampu meningkatkan risiko Anda terkena diabetes.

4.Soda dapat menyebabkan osteoporosis
Kebanyakan minuman bersoda mengandung fosfor dan kafein. Kedua bahan ini diyakini dapat menyebabkan osteoporosis. Para ahli juga khawatir jika kebiasaan ini terus berlanjut, kalsium pada tulang lama kelamaaan akan habis.

5. Soda merusak gigi
Gula pada minuman bersoda dapat mengikis perlindungan gigi Anda. Gula dan bakteri di mulut akan bekerja membentuk asam karbol melalui karbonasi. Asam ini dapat melemahkan enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang serta kerusakan gigi.

6. Soda dikaitkan dengan kerusakan ginjal
Orang yang minum soda berisiko lebih besar terkena batu ginjal serta kerusakan pada ginjal.

7. Memicu penyakit maag
Soda menjadikan peminumnya berpeluang lebih besar terkena dan memperparah penyakit maag.

8. Soda menimbulkan dehidrasi
Kadar kafein dan gula dalam soda dapat menyebabkan tubuh dehidrasi.

9. Soda mengacaukan sistem pencernaan
Asam dalam soda tidak bereaksi dengan baik dengan sistem pencernaan.

10. Diet soda berbahaya
Dalam beberapa penelitian, termasuk studi yang dipublikasikan dalam Circulation 2007, menunjukkan bahwa soda diet memiliki beberapa efek yang sama pada kesehatan seperti minuman soda biasa, walaupun memiliki tidak atau mengandung sangat sedikit gula. Kenapa? Karena Soda diet mengandung pemanis buatan aspartam yang diakitkan dengan beberapa gangguan seperti fenilketonuria.

11. Lebih berisiko penyakit jantung
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2007 dalam jurnal Circulation dari American Heart Association, orang yang minum soda setiap hari selama empat tahun memiliki risiko 25 persen lebih besar mengalami peningkatan kadar gula darah dan 32 persen lebih mungkin mendapatkan kolesterol baik, Studi Nurses Health juga menemukan bahwa perempuan yang minum lebih dari dua minuman manis per harinya memiliki risiko 40 persen lebih tinggi mengalami serangan jantung atau kematian akibat penyakit jantung jika dibandingkan dengan perempuan yang jarang minum minuman manis.

12. Soda membahayakan organ utama tubuh
Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi minuman ringan secara rutin meningkatkan kemungkinan penyakit ginjal kronis, sindroma metabolik yang berhubungan dengan jantung dan penyakit hati kronis.

Alternatif Sehat Pengganti Soda
Lantas apa yang bisa membantu melepas ketergantungan terhadap soda? Menilik nilai gizi, jus merupakan pilihan minuman terbaik. Sedangkan air merupakan minuman terbaik agar tubuh tetap terhidrasi. Satu hingga dua gelas jus buah setiap hari serta enam gelas air putih serta minuman yang diperkaya kalsium adalah paduan terbaik untuk kesehatan.

0 komentar:

Post a Comment