About Me

Friday 20 January 2012

Pantangan dan Anjuran Saat Imlek


SELAIN harapan, ada sejumlah pantangan bagi umat yang merayakan Imlek. Pantangan-pantangan itu masih diyakini hingga kini dan harus dihindari saat Tahun Baru Imlek tiba. Berikut ini adalah 10 pantangannya:

1. Menangis pada saat Tahun Baru bisa berdampak negatif karena dapat menimbulkan kesialan dan membuat orangnya sering menangis selama satu tahun ke depan.

2. Lunasilah utang-utang sebelum Imlek dan hindari meminjamkan uang pada hari itu. Kalau dilanggar ada kemungkinan orang tersebut akan terus dipinjami uang oleh orang lain sepanjang tahun.

‎3. Orang yang merayakan Imlek sebaiknya tidak mengeluarkan kata-kata kasar, kotor atau makian yang bermakna buruk dan sial. Jika dilanggar berdampak sebaliknya, orang tersebut akan sering mendapat makian dan kata kata kotor selama setahun.

4. Kata “empat” ada baiknya dihindari karena mengandung makna negatif, yaitu kematian. Sebaliknya banyak-banyaklah mengucapkan kata ” delapan” yg bermakna keberuntungan.

5. Tidak boleh menceritakan kisah kematian dan cerita hantu, jika dilanggar pelanggarnya bisa dihantui setan beneran atau debt kolektor.

‎6. Hindari mencuci rambut saat Imlek tiba karena bermakna mengusir keberuntungan satu tahun ke depan. Daripada mencuci rambut, lebih baik mengenakan pakaian berwarna merah yang berarti kebahagiaan, keceriaan, dan memberi keyakinan akan adanya masa depan yang cerah.

7. Mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek di kamar tidur bisa menghilangkan keberuntungan selama setahun ke depan. Sebab itu, orang-orang yang berada dalam kondisi sakit sebaiknya tetap berpakaian rapi dan duduk di ruang keluarga saat Imlek berlangsung.

‎8. Pisau atau gunting dapat menjauhkan keberuntungan. Sebaiknya disimpan di lemari. Siapa tahu ada tamu yg kalap dan menggunakannya untuk menodong anda.

‎9. Hindari menyapu dan membersihkan debu ketika tahun baru tiba. Dua kegiatan itu bisa mengakibatkan tersapunya keberuntungan.

 10. Sembunyikan semua perangkat rumah tangga yangg kotor, seperti sapu, sikat, kain pel, dan penyedot debu, agar rejeki anda selama setahun kedepan tidak disapu bersih oleh orang lain, disikat ludes oleh saingan, dipel sampai licin, atau disedot hingga tak berbekas oleh inflasi.


Sumber: http://sosbud.kompasiana.com/2011/02/01/10-pantangan-di-hari-imlek

0 komentar:

Post a Comment