About Me

Tuesday 28 March 2017

6 Kesalahan Dalam Fitnes yang Malah Buat Kamu Terlihat Tua


Banyak kebiasaan yang dilakukan orang-orang demi sehat namun dengan cara yang salah. Bukannya sehat, hal tersebut terkadang malah membahayakan dirinya sendiri.

Sekarang kita tahu bahwa berolahraga, termasuk fitnes secara teratur akan membuat badan sehat, fit, dan mencegah datangnya sejumlah penyakit. Sementara itu, tidak berolahraga dapat menimbulkan masalah seperti obesitas, nyeri sendi, stres, gangguan pencernaam dan bahkan beberapa jenis kanker.

Akan tetapi ada sejumlah kesalahan dalam berolahraga, seperti fitnes yang justru membuat Anda makin terlihat tua! Lho kok bisa?

Over Training

Alaminya, Otot akan tumbuh sewaktu Anda berinstirahat. Terlalu berlebihan dalam melakukan aktivitas fitnes dan tidak memberikan waktu istirahat meski sehari saja. Nah, hal ini jangan disepelekan karena justru akan membuat hormon kortisol meningkat dalam tubuh.

Efeknya tentu saja menyebabkan penuaan dini. Jadi, jangan terlalu keras dalam berlatih. Imbangi juga dengan istirahat, pada dasarnya tubuh juga membutuhkan istirahat.

Selain itu, istirahat yang kurang juga membuat pertumbuhan otot menjadi tidak maksimal.

Gerakan yang Salah

Sering melakukan posisi atau gerakan yang salah saat berolahraga. Misalnya saja saat mengangkat beban berat dengan posisi yang salah. Hal ini bukan hanya akan membuat nyeri saja, namun juga meregangkan dan tubuh dapat melorot pada akhirnya. Sehingga memicu terjadinya keriput.

Melewatkan Kardio

Banyak yang terobsesi pada pembentukan tubuh indah dan berotot, namun justu melewatkan latihan bebas dan kardio. Jangan disepelekan. Langsung 'menghajar' tubuh dan lebih banyak fokus pada latihan angkat berat juga dapat memperlambat tingkat metabolisme.

Tentu saja hal tersebut dapat menyebabkan sel penuaan datang lebih awal. Tidak ingin seperti itu, bukan?

Tidak Melakukan Latihan Beban

Akan tetapi, hanya melakukan latihan cardio seperti lari, jogging, bersepeda, dan lain sebagainya serta tidak mengimbanginya dengan latihan angkat berat juga dapat membuat kulit kendor dan berujung pada wajah yang terlihat tua.

Melewatkan Latihan Perut

Tidak melakukan latihan yang dikhususkan pada perut juga akan berimbas. Hal ini akan memicu perut membesar yang justru akan membuat Anda terliat tua dari usia sebenarnya. Waduh!

Tidak Melakukan Pendinginan

Tidak melakukan pendinginan setelah selesai berolahraga atau fitnes. Sepele sih, namun gerakan pendinginan usai olahraga sangat penting. Karena saat berolahraga otot meregang, sedangkan jaringan banyak dan ini dapat menyebabkan penuaan diri pada sel-sel otot.

Sumber: https://www.merdeka.com/sehat/6-kesalahan-dalam-fitnes-yang-malah-bikin-kamu-terlihat-tua.html

0 komentar:

Post a Comment