About Me

Wednesday 30 April 2014

5 Negara Dengan Angka Tertinggi Pemilih Golput


Pemilu atau pemilihan umum sejak puluhan tahun terakhir memang sudah mengalami penurunan. Bahkan hal ini terjadi pada beberapa negara maju di belahan dunia.

Pemilihan umum memang menjadi satu-satunya cara yang telah di tetapkan untuk menentukan pilihanya terhadap calon pemimpin rakyat. Namun, meskipun satu-satunya cara, hal ini tidak membuat masyarakat untuk berantusias untuk melakukannya.

Banyak masyarakat di berbagai negara lebih memilih golput atau golongan putih saat pemilu d laksanakan. Masalah ini bukan merupakan hal yang tabu lagi bagi mereka, karena memang kebanyakan masyarakat lebih memilih untuk masuk dalam golongan putih dari pada memberikan suaranya.

Nah, untuk itu kali ini, kita akan membahas tentang beberapa negara yang memiliki angka golput tertinggi saat pemilihan umum dilakukan, negara mana saja kah yang memiliki angka golput tertinggi?

Seperti dilansir Merdeka.com, inilah dia kelima negara yang memiliki angka pemilih golput tertinggi di dunia:

1. Thailand

Thailand merupakan negara yang memiliki angka pemilih golput yang sangat tinggi. Hal ini menunjukan bahwa masyarakat Thailand sangat kurang sekali dalam partisipasinya untuk memberikan suara. Sudah tercatat sekitar 46,79 persen rakyat Thailand yang hanya mau menyumbangkan suaranya, dan yang lainnya merupakan pemilih golongan putih. Pada tahun ini, sekitar 43 juta rakyat yang telah menyumbangkan suaranya dari 67 juta penduduk.

2. Lithuania

Lithuania merupakan negara di Eropa Timur yang juga menjadi negara yang memiliki angkat pemilih golput tertinggi. Hal ini di buktikan dengan pemilihan umum pada tahun 2012 lalu. Sebanyak 35,91 persen warga yang hanya mau menyumbangkan suaranya dan yang lain memilih golput. Padahal sebanyak 2,4 juta jiwa yang telah tercatat mengikuti pemilihan umum.

3. Haiti

Haiti juga merupakan negara di kawasan Amerika Utara yang memiliki angka pemilih golput tertinggi. Dari 3,5 juta rakyat yang terdaftar sebagai pemilih umum, hanya sekitar 28,31 persen saja masyarakat yang mau menyumbangkan suaranya. Hal ini menunjukan partisipasi rakyat dalam pemilihan umum sangatlah rendah.

4. Nigeria

Negara di Benua Afrika ini juga menjadi negara yang memiliki angka tertinggi pemilih golput. Dari 73,5 juta orang yang telah terdaftar menjadi pemilih umum, sebanyak 28,9 persen yang hanya menyalurkan suaranya pada tahun 2011 silam. Angka tersebut pun tidak mencapai setengah dari orang-orang yang sudah terdaftar.

5. Gambia

Selain Nigeria, Gambia yang juga berada di Benua Afrika juga menjadi salah satu negara yang memiliki tingkat pemilih golongan putih tertinggi. Hal ini terjadi pada tahun 2012 silam, yang hanya sekitar 19,44 rakyat yang menyumbangkan suaranya dari 796,9 ribu yang sudah terdaftar.

Sumber: http://palingseru.com/

0 komentar:

Post a Comment