About Me

Wednesday 3 April 2013

5 Landscape Paling Unik di Dunia

Tuhan menciptakan dunia dengan keindahan dan keunikan tersendiri baik hewan, tumbuhan maupun alam itu sendiri. Diantara keaneka ragaman tersebut terdapat berbagai landscape yang terbentuk secara alami dengan keindahan eksotik yang unik. Terdapat banyak sekali landscape unik di dunia ini diantaranya:

5. Göreme National Park, Turkey 

5 Besar Landscape Unik Dunia

Daya tarik utama dari wilayah Cappadocia Turki adalah Taman Nasional Göreme yang terletak di Lembah Göreme. Landscape ini terbentuk oleh Erupsi alami air dan angin yang terjadi selama ribuan tahun yang lalu.

Letak keunikan landscape ini adalah batuan yang terlihat seperti dipahat hingga menyerupai alat kelamin manusia. Didaerah ini juga ditemukan adanya sisa peninggalan manusia kuno era pasca-iconoclastic, yang tinggal di gua-gua bawah tanah dan tenda tempat tinggal yang sangat sederhana.

4. Chocolate Hills, Philipina 

5 Besar Landscape Unik Dunia

Lebih dari 1.770 bukit berbentuk kerucut indah terdapat di wilayah Visayas Tengah, Filipina atau lebih tepatnya di daerah Bohol. Bukit-bukit ini tampak seperti lautan cokelat yang tertata rapi dan indah. Pembentukan geologis yang tidak biasa ini membuat bingung dan penasaran para ahli geologi selama beberapa dekade. Ada teori berbeda tentang bagaimana bukit berbentuk kerucut itu terbentuk.

Tersebar di area seluas 50 kilometer persegi, bukit-bukit yang menakjubkan ini merupakan bagian dari Monumen Geologi Nasional Filipina selain Taman seratus pulau Filipina dan Gunung Taal Volcano, gunung berapi aktif terkecil di dunia.

3. Stone Forests, China

5 Besar Landscape Unik Dunia

Stone Forest mempunyai luas lebih dari 500.000 kilometer persegi. Topografi landscape spektakuler ini termasuk dalam wilayah 3 provinsi di China, yaitu: Guangxi, Yunnan dan Guizhou.

Landscape ini masuk dalam Situs yang dilindungi UNESCO sejak 2007. Menurut Unesco.org, Stone forest merupakan salah satu contoh landscape dunia yang paling spektakuler di daerah tropis lembab untuk landscape sub-tropis.

Selain itu, adanya Fenomena perubahan warna pada saat tertentu membuat landscape ini masuk dalam jajaran landscape spektakuler dunia yang harus dilindungi.

2. Ethiopia's Dallol Volcano 

5 Besar Landscape Unik Dunia

Tempat ini dikenal sebagai tempat terpanas dibumi. Jika suhu rata-rata sepanjang tahun di Ethiopia adalah 94 derajat Fahrenheit, maka suhu disini mencapai 135 derajat lebih!. Terletak sekitar 157 meter di bawah permukaan laut, Dallol adalah gunung berapi tanah terendah diseluruh dunia ini.

1. Socotra Island, Yaman

5 Besar Landscape Unik Dunia

Ada sebuah kepulauan kecil di Samudera India yang digambarkan sebagai tempat tempat yang paling asing di dunia. Ketika berada disini, anda akan menganggap sedang berada di planet lain. Bagaimana tidak, Tumbuhan, hewan, maupun tatanan alam disini sangat berbeda dari daerah manapun di dunia.

5 Besar Landscape Unik Dunia

Unesco.org mengklaim bahwa 37% dari 825 spesies yang ada disini tidak ditemukan di tempat lain di dunia selain disini. Sebagai salah satu pulau keanekaragaman hayati paling kaya dan berbeda di dunia, yang diistilahkan sebagai "Galapagos di Samudera Hindia".

Pulau ini adalah rumah bagi beberapa spesies flora menarik, seperti Pohon Darah Naga (Dracaena cinnabari), Mawar Gurun (Adenium obesium), Pohon Ketimun (Dendrosicyos Socotranum), Dorstenia gigas dan banyak lagi.

Sumber: http://www.andaikata.com/2013/03/5-landscape-paling-unik-dunia.html

0 komentar:

Post a Comment