About Me

Sunday 21 October 2012

Air Terjun Unik Mengalir Bolak-balik

air terjun,air terjun bolak balik,air terjun horizontal

Jika selama ini kita mengenal air terjun berbentuk vertikal, dengan mengalirkan air dari atas ke bawah, Lain halnya dengan air terjun yang ada di Teluk Talbot Australia Barat. Sebuah air terjun mengalir secara horisontal dan mempunyai aliran bolak balik.

Kalau alirannya horisontal, kenapa dinamakan air terjun?

Air terjun horisontal ini terbentuk dari aliran air laut yang menelusup melalui celah-celah tebing yang memotong lautan. Karena aliran air tersebut begitu deras, maka sepintas aliran tersebut terlihat seperti air terjun. Sehingga air terjun ini dinamai The Horizontal Falls atau air terjun Horizontal.

Bagaimana proses terjadinya?

Proses terjadinya air terjun ini karena lautan tersebut terbelah oleh dua tebing yang keduanya mempunyai celah. Air akan mengalir dari sisi kanan ke kiri dengan sangat deras ketika lautan sebelah kanan mengalami pasang, sedang sisi lautan sebelah kiri mengalami surut. Yang lebih unik, aliran bisa terjadi sebaliknya ketika kiri pasang, dan sebelah kanan surut.

Proses seperti itu terjadi terus menerus sehingga tercipta sebuah aliran seperti air terjun dengan arah bolak-balik. Jika pada air terjun vertikal daya tariknya ada di ketinggiannya, air terjun horisontal ini punya panjang aliran sejauh 300 meter.

Foto lainnya:

img

img

img

Sumber: http://travel.detik.com

0 komentar:

Post a Comment