About Me

Friday 21 September 2012

Penyebab Otak Melemah Saat Sakit


Jika Anda memiliki penyakit kronis, segera lakukan penanganan untuk menyingkirkannya. Penyakit seperti ini ternyata sangat mempengaruhi kerja otak menjadi lebih lambat. Sebuah penelitian di lakukan di Belanda untuk menelaah hubungan ini.

Para ilmuwan menemukan bahwa orang yang menderita sakit kronis juga memiliki masalah pada memorinya. Dari hasil tes memori, mereka yang memiliki masalah kronis, menghasilkan nilai yang lebih rendah dibandingkan orang-orang dengan kesehatan yang baik. Mereka kesulitan membaca, tes pilihan ganda, mengingat, dan mengikuti arahan.

Efek dari obat-obatan diduga menjadi penyebabnya. Begitu juga dengan rasa sakit menjadi fokus otak. Namun ada hal lain yang lebih berpengaruh, bahwa ternyata penyakit kronis dapat menimbulkan nyeri pada otak.

Hippocampus, suatu wilayah otak yang memegang peranan penting untuk  memori, akan bekerja lambat pada orang-orang yang menderita penyakit kronis, nyeri punggung kronis misalnya. Demikian penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Chicago. Sakit ini mengurangi kemampuan sel dan syaraf untuk mengirimkan pesan ke otak.

"Fisiologi otak juga dapat dipengaruhi oleh rasa sakit kronis," papar A. Vania Apkarian, Ph.D., profesor fisiologi  dari University Northwestern Feinberg School of Medicine yang ikut dalam penelitian tersebut.

"Jika Anda mengalami sakit kronis, otak Anda mungkin begitu sibuk untuk merasakan sakit, sehingga tidak melakukan proses memori secara normal." Seberapa besar pengaruh penyakit pada otak, tergantung pada jenis penyakitnya. Orang yang memiliki fibromyalgia mungkin memiliki defisit memori yang berbeda dari orang-orang yang mengalami sakit punggung kronis."

Sumber: http://life.viva.co.id/news/read/353122-penyebab-otak-melemah-saat-sakit

0 komentar:

Post a Comment