About Me

Wednesday 8 August 2012

Ada Apa Dengan Klinik Tong Fang?


Seminggu belakangan, Klinik Tongfang menjadi bahasan pembicaraan paling ngetrend di jejaring sosial, bukan hanya di Facebook, Twitter, di berbagai media sosial, seperti forum, bahkan instant messenger seperti Blackberry Messenger (BBM), bahasan Klinik Tongfang ini menyebar luas. Apa itu Klinik Tongfang? Mengapa bisa menyebar secara viral di media sosial? Berikut akan diulas lebih dalam di Ki@mhu Blog.

Klinik Tongfang adalah sebuah klinik di wilayah Jakarta yang menyediakan pengobatan alternatif bagi para penderita penyakit. Biasanya iklan mereka di televisi diisi dengan pendekatan testimonial atau kesaksian dari sejumlah pasien yang merasakan manfaat setelah berobat di sana. Ujung kalimat dari testimonial juga selalu sama yaitu: "Terima Kasih Klinik Tongfang!"

Awal mula bahasan Tongfang meledak di media sosial adalah karena ulah beberapa pengguna yang membuat pelesetan berdasarkan topik klinik Tongfang. Tren plesetan ini juga merambah sampai ke layanan pesan singkat dari Blackberry. Di Kaskus, bahkan ada thread yang sempat ramai dan menjadi salah satu Hot Threads, isinya seputar plesetan tentang klinik Tongfang yang tersebar melalui BBM (Blackberry Messenger).

Berbicara soal merek, tentu ada keuntungan sendiri bagi Klinik Tongfang, mereka mendapat brand awareness yang cukup besar dari masyarakat Indonesia. Jika dialihkan ke ketertarikan dibandingkan pelesetan tentu hasilnya akan baik.

Mengenal Klinik Tong Fang


Mr. Xi pria kelahiran 52 tahun silam dari negeri tirai bambu ini, mendirikan sebuah klinik yang khusus menangani berbagai penyakit dengan teknik dan metode pengobatan tradisional China. Klinik Tong Fang yang telah melakukan praktek pengobatannya selama dua tahun belakangan ini merupakan cabang resmi dari RS. Tong Fang yang berada di China.

“Perhatian utama klinik Tong Fang adalah penyakit kanker, kami menggunakan teknik pengobatan TCM yang pada prakteknya telah berhasil mengobati banyak orang. Klinik ini adalah cabang langsung dari RS.Tong Fang di china,” ujar Mr.Xi menggunakan bahasa mandarin ketika ditemui.

Teknik pengobatan tradisional China memang dikenal berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Berbeda dengan metode pengobatan modern, pengobatan herbal yang diracik dari bahan-bahan alami ini merupakan cara yang mujarab. Dalam menangani penyakit kanker, klinik Tong Fang meracik sendiri obat-obatan alami yang harus diminum oleh pasien yang biasanya dalam waktu paling sedikit tiga hari, rasa sakit yang diderita perlahan-lahan menghilang.

Apa arti kata Tong Fang?

Tong Fang berasal dari kata dong fang (东方) yang berarti 'sebelah timur'. Dong berarti 'timur' dan fang berarti 'sebelah'. Misalnya, dong fang wenhua berarti budaya (sebelah) timur.

Namun karena 'd' dalam Mandarin dibaca menjadi 't', maka jadilah "Tong Fang" dan bukan "Dong Fang". Dong fang biasanya bermakna negara-negara sebelah timur, namun lebih mengacu ke China.

Ramai Menjadi Bahan Parodi, Klinik Tong Fang Cuek


Iklan pengobatan Klinik Tong Fang ramai jadi bahan obrolan bukan karena khasiat pengobatan yang menggunakan ramuan China tersebut yang dibicarakan, namun testimoni pasien yang sesudah berobat. Tak pelak, kicauan yang menuliskan kata 'Klinik Tong Fang' sempat menjadi trending topics world wide.

Tapi tahukah Anda, seperti apakah Klinik Tong Fang? Dan penyakit-penyakit apa saja yang coba untuk disembuhkannya. Jika Anda membayangkan bangunan Klinik Tong Fang serupa seperti klinik Po Chi Lam milik pendekar kung fu Wong Fei-Hung, maka buang jauh pikiran itu.

Sewaktu merdeka.com menyambangi Klinik Tong Fang yang beralamat di komplek perkantoran di Jalan Boulevard Barat Raya, Komplek Pasifik Plaza, Blok A4 No 78, Kelapa Gading, Jakarta Utara, bayangan sebuah klinik tradisional China yang didominasi warna merah, dengan pilar-pilar tinggi, serta semerbak bau hio, pupus sudah saat kita memasuki lantai pertama.


Bahkan jika dilihat dari pelataran parkir, Klinik Tong Fang tidak berbeda jauh dengan perkantoran lain di sebelah kanan dan kirinya. Namun sayangnya, saat merdeka.com ingin mewawancarai, salah satu pegawai yang bertugas di ruang resepsionis enggan berkomentar.

"Maaf mas, kita tidak ingin diwawancara. Kalau mau tahu tentang Klinik Tong Fang, lihat saja iklannya di TV," ujar pegawai wanita yang berada di meja resepsionis, Senin (6/8).

Namun pegawai yang enggan memberitahukan namanya tersebut memberi tahu kalau Klinik Tong Fang yang menempati ruko berlantai empat itu sudah beroperasi sejak tiga tahun yang lalu.

"Dari pertama beroperasi, kita sudah menempati ruko ini, tidak ada di tempat lain," ujar pegawai yang berusia sekitar 45 tahunan itu.

Saat ditanya tentang ramainya parodi testimoni pasien Klinik Tong Fang di Twitter dan Broadcast Message, pegawai tersebut enggan memberi komentar. Menurutnya, apa yang dibicarakan orang-orang tidak pernah dihiraukan Klinik yang sebagian ruangannya didominasi warna putih tersebut.

Sayangnya, beberapa dari pelesetan ini sepertinya dianggap tidak terlalu lucu jika berbicara soal penyakit yang diderita. Hal ini sepertinya menertawakan penderitaan yang dimiliki orang lain. Sebagai pengguna media sosial yang modern, selain membuat lucu dan menikmati sebuah topik adalah sebuah kewajiban untuk tidak menyingung perasaan dari orang lain.

Sumber:
detik.com
gadgetan.com
merdeka.com
satusatuduadua.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment