About Me

Tuesday 12 June 2012

Dunia Kenang Indomie Sebagai Karya Om Liem


Produk mie instan bermerek Indomie mungkin menjadi satu-satunya merek asli Indonesia yang terkenal secara global. Ini adalah salah satu karya sukses Almarhum Sudono Salim atau Liem Sioe Liong. "Indofood/Indomie mungkin satu-satunya brand (merek) Indonesia yang terkenal secara global," demikian disampaikan oleh Pengusaha Sandiaga Uno kepada detikFinance, Senin (11/6).

Menurut Sandiaga, Om Liem merupakan salah satu inspirasi untuk semua pengusaha muda di Indonesia. Sandiaga mengetahu, Om Liem merupakan sosok yang dikenal tekun dan bekerja keras membangun perusahaan-perusahannya agar bisa bersaing di pasar global. "Kita betul-betul kehilangan sosok inspiratif, namun saya yakin akan lahir puluhan bahkan ratusan Om Liem baru di era baru dunia usaha Indonesia," cetus Sandiaga.

Seperti diketahui, pria yang akrab disapa Om Liem meninggal di Raffles Hospital Singapura pada Minggu (10/6) sekitar 15.00 WIB. Pria bernama lahir Liem Sioe Liong ini lahir di Tiongkok, 10 September 1915. Anthony Salim yang merupakan anak dari Sudono beserta menantunya Franciscus Welirang kini meneruskan seluruh usaha yang dirintisnya.

Om Liem adalah pengusaha kaya raya yang sukses di Indonesia dengan puluhan bisnis yang menggurita. Beberapa usaha yang berhasil didirikan oleh Salim di antaranya Central Bank Asia pada 1957 yang kemudian menjadi Bank Central Asia (BCA) pada 1960. Selain itu, Salim juga merupakan pendiri sekaligus pemilik perusahaan di bawah jejaring Grup Salim, PT Bogasari Flour Mill, PT Bank Windu Kencana, PT Hanurata, PT Indocement, dan PT Waringin Kencana termasuk PT Indofood CBP Sukses Makmur.

Sepak terjang Liem Sioe Liong dimulai ketika pada 1936, pada usia 20 tahun, putra kedua keluarga petani di Fuqing, Provinsi Fujian, Tiongkok itu memutuskan merantau ke Indonesia. Dia menyusul kakaknya, Liem Sioe Hie, dan kakak iparnya, Zheng Xusheng yang lebih dulu menjadi saudagar minyak sawit di Medan sejak 1922.

Sumber: www.analisadaily.com

0 komentar:

Post a Comment