About Me

Wednesday 9 May 2012

5 Hal Berbahaya di Tempat Olahraga

Gangguan kesehatan dan alergi sekarang ini bisa menyerang dimana saja, bahkan di tempat berolahraga. Bahkan bahan kimia berbahaya yang ditemui di tempat latihan dapat terkait dengan penyakit tiroid dan obesitas.

Sebenarnya, banyak bahan yang ditemukan dalam peralatan olahraga, kolam renang, dan kamar ganti yang dapat menyebabkan sesak napas, bersin, batuk, mata berair dan alergi.

Berikut 5 hal berbahaya yang dapat Anda temukan di tempat latihan seperti dikutip dari abcnews, Rabu (9/5/2012) antara lain:

1. Tikar Yoga

Jika Anda merasakan gatal di tubuh setelah yoga, bisa jadi itu dikarenakan tikar yang Anda gunakan, menurut American College of Allergy, Asma dan Imunologi (ACAAI). Tikar yang terbuat dari plastik PVC mengandung bahan kimia beracun.

Penggunaan tikar yang terbuat dari karet alam memang bagus karena ramah lingkungan, tetapi ada bebrapa orang yang menderita alergi terhadap getah karet.

Pilihlah tikar yoga yang terbuat dari rami atau katun organik yang lebih alami dan aman untuk kesehatan Anda.

2. Kolam Renang

Berenang adalah latihan yang bagus, tetapi klorin dalam kolam renang adalah dapat memicu asma bagi sebagian orang. Klorin juga dapat memicu gatal dan mata merah atau ruam.

Jika tidak merasa baik setelah berenang, bisa jadi bahwa kolam renang Anda tidak memiliki ventilasi yang baik, atau kru pemeliharaan kolam renang teralalu banyak menggunakan klorin.

Beberapa kolam renang sudah mulai mengurangi penggunaan klorin, tetapi meskipun demikian, Anda tetap perlu mencegah bahay klorin dengan segera mandi dengan air yang bersih setelah berenang.

3. Desinfektan dan Penyegar Udara

Terkadang petugas yang membersihkan ruangan tempat latihan atau gym menggunakan semprotan desinfektan untuk mengusir serangga. Sayangnya, semprotan desinfektan mengandung ratusan bahan kimia yang beracun.

Bahan pembersih ini terkait dengan penyakit kanker, asma, sakit kepala dan alergi. Jika ruangan gym Anda menggunakan semprotan penyegar udara, udara dalam ruangan mungkin akan tercemar.

Bahan kimia dalam penyegar udara tersebut tidak aman dan dapat membuat Anda kesulitan untuk bernapas.

4. Kedai Snack

Snack dan smoothie mungkin tampak menggoda setelah latihan. Tetapi snack dan smoothie yang dijual di kedai snack di tempat latihan kadang sarat akan pewarna makanan berbahaya, gula dan pemanis buatan. Siapkan sendiri smoothie sehat dari rumah untuk diminum setelah selesai berolahraga.

5. Pakaian

Jika setiap latihan Anda merasa gatal, mungkin juga masalah ada pada pakaian yang Anda pakai.

Bahan sintetis seperti poliester dan nilon yang murah, sering digunakan sebagai bahan kaos tipis dan pakaian dalam yang kadang-kadang menyebabkan gatal pada kulit yang sensitif.

Periksa label sebelum Anda membeli pakaian untuk berolahraga. Menurut ACAAI, bahan dari lycra atau spandex cenderung kurang mengiritasi. Lebih baik lagi, menggunakan serat alam atau wol berkualitas tinggi.

Pastikan untuk menghindari pakaian olahraga, kaus kaki, dan pakaian yang dipasarkan dengan label 'bebas bau' dan 'antimikroba' karena mengandung senyawa tertentu yang tidak disarankan digunakan oleh ahli kesehatan.


Sumber: health.detik.com

0 komentar:

Post a Comment