About Me

Sunday 22 April 2012

Menyelamatkan Bumi dengan Cara Sederhana


Sudah berkali-kali mungkin kita disuguhi tentang kiat mengatasi global warming atau biasa disebut pemanasan global. Sebenarnya dalam mengatasi atau mengurangi pemanasan global tidaklah memerlukan cara-cara yang rumit seperti halnya yang tersimpan dalam cara berpikir kita. Dalam mengatasi dan mengurangi pemanasan global tidak perlu adanya perubahan secara radikal untuk membantu bumi kita ini kembali lebih bersahabat. Bumi tempat kita numpang hidup menjadi tak bersahabat akibat ulah kita sendiri sebagai penumpang yang tak taat aturan sehingga menimbulkan pemanasan global yang semakin menjadi-jadi.

Tak bisa dielakkan lagi yang namanya pemanasan global adalah momok yang sangat menakutkan dalam keberlangsungan kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Ada cara sederhana yang pantas dijadikan sebagai acuan demi menyelamatkan bumi yaitu gaya hidup. Ya, gaya hidup yang lebih bersahabat dengan bumi membuat tampilan bumi semakin menarik. Dengan kata lain bumi tercinta tak lagi panas sekali seperti sekarang yang sedang kita rasakan.

Hidup adalah pilihan, maka bila memilih keputusan yang bijak dan brilian terhadap bumi tempat kita numpang hidup dan menyampaikan pesan bersih kepada semua orang bukankah suatu pekerjaan yang cerdas demi keselamatan bumi kita? Berikut langkah-langkah sederhana yang bisa kita lakukan:

Berkendara dengan cerdas
Setiap kali kita menggunakan kendaraan bermotor tentulah membutuhkan bahan bakar dan sisa bahan bakar tersebut dinamakan CO2 (karbondioksida). Nah, dengan memberlakukan berkendara secara cerdas kita sudah mengurangi polusi udara.

Kurangi pemakaian listrik
Pepatah mengatakan hemat pangkal kaya maka demikian juga dengan hemat listrik dalam cara pemakaiannya tentu berbanding lurus. Rata-rata setiap rumah menghasilkan emisi gas rumah kaca dua kali lipat dari yang diproduksi mobil. Banyak keuntungan yang dapat kita ambil dari hemat listrik diantaranya tagihan rekening yang tak terlalu besar dan juga kita sudah berperan dalam menyelamatkan bumi dalam mengurangi pemanasan global.

Kurangi pemakaian plastik
Tahu tidak plastik sangat susah hancur dengan sendirinya dan sejumlah kandungan dalam bahan tersebut dapat merusak kesuburan hayati tanah. Produk-produk yang menggunakan plastik sangat membanjir bukan?

Penghijauan
Inilah cara yang paling manjur dari segala cara-cara lainnya. Penghijauan atau penanaman pohon dapat dengan cepat menghilangkan gas CO2 (karbondioksida) karena CO2 (karbondioksida) merupakan sumber makanan bagi pepohonan dengan cara memecahnya melalui fotosintesis dan menyimpan karbondioksida dalam kayunya. Di seluruh dunia tingkat perambahan hutan telah mencapai level yang menakutkan. Nah, bagi kita tak ada salahnya juga memulai penghijauan dengan cara menanam bunga atau tumbuhan lainnya yang tepat di areal rumah.

Kurangi pemakaian bahan kimia
Bahan kimia bukanlah bahan alami. Suka atau tidak suka sudah selayaknya aktivitas penggunaan bahan kimia diminimalisir. Di rumah-rumah banyak menggunakan bahan-bahan kimia seperti pengharum, pembersih lantai, dan lain sebagainya yang tanpa sadar ikut kita hirup juga. Tak ada kata lain selain memaksimalkan konsumsi bahan-bahan alami termasuk sayuran organik.

Demikian lima cara sederhana yang dapat kita lakukan demi menyelamatkan bumi. Banyak cara lain untuk menyelamatkan bumi namun lima cara sederhana ini kita lakukan sudah menghasilkan efek yang sangat hebat demi keberlangsungan bumi agar menjadi lebih bersahabat dengan kita. Sudah siap menjadikan bumi lebih nyaman?

Sumber: www.analisadaily.com

0 komentar:

Post a Comment