About Me

Monday 27 February 2012

Bagian Tubuh Anak yang Bisa Menunjukkan Adanya Kanker


Pada anak, adanya kanker khususnya yang menyerang jaringan padat biasanya ditandai dengan benjolan. Benjolan tersebut bisa diraba di bagian tubuh tertentu dan sangat berguna sebagai deteksi dini agar sel kanker lebih mudah diobati.

"Hingga saat ini masih sulit melakukan deteksi dini kanker pada anak. Kebanyakan baru bisa dideteksi setelah terjadi benjolan," kata dr Edi Setiawan Tehuteru, SpA(K), konsultan onkologi anak dari RS Kanker Dharmais dalam peringatan Hari Kanker Anak di RS MRCCC Siloam Semanggi, Senin (27/2/2012).

Khusus untuk jenis kanker yang sifatnya cair seperti leukemia, deteksinya relatif lebih sulit karena tidak memicu benjolan. Tanda awal leukemia biasanya dikenali dari gejala muka pucat dan lemas, lebam dan bercak kemerahan di permukaan kulit dan disertai demam.

Beberapa bagian tubuh yang bisa menunjukkan adanya kanker padat bila terdapat benjolan di sekitarnya, seperti disampaikan oleh dr Edi adalah sebagai berikut.

1. Mata
Orangtua harus curiga bila mata anak terlihat seperti mata kucing, mata merah dan dangguan penglihatan atau juling. Bisa jadi itu adalah tanda-tanda retinoblastoma atau kanker mata.

2. Leher
Waspadai jika menemukan benjolan yang dijumpai di leher anak dan bertambah besar dalam waktu singkat. Biasanya anak tidak mengeluh kesakitan bila benjolan ditekan atau dipegang.

3. Paru
Biasanya kanker paru merupakan akibat dari penyebaran suatu jenis kanker tertentu ke paru-paru. Salah satu jenis kanker pada anak yang bisa menyebar ke paru-paru adalah kanker tulang.

4. Perut
Banyak organ yang terdapat di dalam perut, antara lain hati, ginjal, indung telur dan lain-lain. Semua organ tersebut bnisa kena kanker. Segera periksakan bila perut anak terlihat membuncit dan bila ditekan teraba suatu benjolan.

5. Alat kelamin
Alat kelamin yang dimaksud adalah alat kelamin laki-laki, khususnya testis atau buah zakar. Tanda-tanda kanker adalah bila testis kanan dan kiri tidak sama besar, konsistensi atau kekenyalan terasa lebih keras tetapi tidak ada infeksi.

6. Tangan dan kaki
Waspadai jika terlihat ada bengkak pada tangan dan kaki. Pembengkakan yang menandakan adanya kanker biasanya ditandai dengan gejala demam atau nyeri.

7. Otak
Orangtua harus mewaspadai gejala kanker otak dengan melihat gejala yang ditimbulkan antara lain pusing, mual, muntah yang menyemprot, lumpuh dan gangguan keseimbangan.

Sumber: health.detik.com

0 komentar:

Post a Comment